Harga Emas Bersinar Kembali

emas

Analisa Trading – Emas naik pada perdagangan Eropa di Selasa (29/12) siang. Investor yang menimbang prospek di tahun depan termasuk percepatan Federal Reserve yang dapat dapat menaikkan suku bunga AS kembali.

Divisi New York Merchantile Ecchange, spot emas untuk pengiriman Februari naik 0.46% ke level $1.073.10 troy ons. Bullion untuk segera pengiriman meningkat sebanyak 0,4 persen menjadi $1,073.69 per ons dan diperdagangkan di $1,072.45. Tercatat logam turun 9,5 persen di tahun ini terhadap keuntungan dalam mata uang AS sebesar 8,4 persen.

Logam mulia menuju penurunan tahunan ketiga dipicu dari kebijakan moneter AS mengekang permintaan untuk emas, yang tidak membayar bunga. Sementara Fed menaikkan suku bunga di bulan ini pertama kalinya dalam waktu hampir satu dekade. Kecepatan siklus kenaikan tingkat suku bunga tentu menentukan tren emas di tahun depan. Pada saat ini, Fed memproyeksikan empat kenaikan, sementara pasar hanya dua. Perbedaannya kenaikan merupakan kesenjangan yang besar, dan bagaimanapun semua investor akan berfokus dan mempengaruhi sentimen pasar.

HSBC Holdings Plc baru saja memperingatkan inflasi luar negeri akan membatasi kemampuan Fed untuk menaikkan suku bunga tahun depan. Marc Faber, penerbit dari gloom melaporan pada awal resesi ekonomi dan saham AS akan jatuh pada tahun 2016, bentrok dengan pandangan Yellen dimana akan outlook ekonomi akan pulih.

“Salah satu variabel kunci untuk pasar tahun depan akan sejauh apa yang terjadi dengan dolar AS, hal tersebut akan diketahui outlook Fed akan bergerak,” ujar Ric Spooner, kepala analis di CMC Markets di Sydney. Kepemilikan dalam produk-produk yang diperdagangkan di bursa jatuh ke 1,465.6 metrik ton pada hari Senin, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg, aset turun terendah sejak Februari 2009.

Emas bullion dengan kemurnian 99.99 persen meluncur sebanyak 0,4 persen menjadi 224.01 yuan per gram ($1,074.29 per ons) pada Bursa emas Shanghai. Sementara pada perdagangan Comex lainnya, spot perak naik 0,4 persen, platinum naik 0,5 persen dan paladium naik 1,1 persen.  (FR)

Tags:

Rate this article!

Related Posts