Preview: Non-Farm Payrolls AS

amerika

Analisa Trading – Nonfarm payrolls AS mencatat kenaikan yang solid lagi di bulan Juli, menambah 215.000 pekerjaan setelah penambahan 223.000 di bulan Juni. Tingkat pengangguran tetap stabil di 5.3% terendah dalam tujuh tahun. The Fed telah meningkatkan assessment terhadap pasar tenaga kerja, menggambarkannya sebagai terus membaik, dengan kenaikan pekerjaan yang solid dan penurunan pengangguran.

Pendapatan rata-rata per jam naik lima sen, atau 0.2% setelah sempat mendatar di bulan Juni, tetapi masih jauh dari tingkat pertumbuhan sebesar 3.5% pada saat employment penuh.

Laporan employment bulan Agustus, Nonfarm payrolls diperkirakan akan meningkat menjadi 220.000 di bulan Agustus – sangat dekat dengan rata-rata sebesar 225.000 sejak bulan Januari 2013, dan hanya sedikit lebih tinggi dari angka bulan Juli sebesar 215.000. Tingkat pengangguran diperkirakan telah turun sedikit ke 5.2% dari angka 5.3% di bulan Juli. Secara keseluruhan, laporan yang sangat rata-rata.

Sulit membayangkan bagaimana laporan bulan Agustus akan bisa memberikan pengaruh yang banyak terhadap keputusan Federal Reserve apakah akan menaikkan tingkat suku bunga atau tidak pada pertemuan bulan September. Bahkan deviasi yang besar dari angka konsensus hanya akan menjadi satu poin data, dan tidak akan merubah gambaran besar secara material.

Wall Street Journal membuat suatu observasi yang menarik bahwa perubahan payroll di bulan Agustus pada masa lalu biasanya dilaporkan mula-mula terlalu rendah, dan kemudian dinaikkan lebih tinggi. Tendensi ini begitu terkenal sehingga di pertemuan bulan Septembar sebelumnya, para pejabat Fed menyebutkannya, sebagaimana dikatakan dalam risalah pertemuan.

Secara rata-rata sejak tahun 2000, revisi keatas kemudian sebesar 62.000, sehingga jika penambahan payroll yang dilaporkan pada malam hari ini terlalu rendah, the Fed kemungkinan akan menganggap itu hanyalah “bulan Agustus yang lainnya”.

Hal yang lain yang harus di awasi adalah pendapatan rata-rata perjam – di bulan Juli, pendapatan adalah 1.84% lebih tinggi dari tahun yang lalu – lebih rendah dari 2% yang terlihat di bulan Mei dan lebih rendah dari 2.5% yang terlihat di tahun 2014. Meskipun employment sedang meningkat dan tingkat pengangguran menunjukkan employment yang penuh tidaklah jauh dari level sekarang, tidak Nampak adanya tanda-tanda inflasi di dalam upah kerja(VN)

 

Happy Trading!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *