Harga Timah Jumat Berhasil Bukukan Kenaikan

timah

Pada perdagangan di bursa komoditas Kuala Lumpur Tin Market siang ini harga timah tampak masih melanjutkan pergerakan menguatnya (2/9). Harga logam industri ini melejit kencang selama empat sesi belakangan didukung oleh aksi bargain hunting setelah pada akhir bulan Agustus lalu sempat melempem hingga ke bawah level 14.000 dollar per ton.

Untuk jangka panjang harga timah masih rentan terhadap penurunan lanjutan akibat kekhawatiran turunnya permintaan dari Tiongkok. Pada perdagangan bulan Agustus lalu harga timah di bursa komoditas Malaysia (KLTM) sempat terpukul hingga mencapai ke level 13.700 dollar per ton.

Pelemahan yang signifikan tersebut mendorong terjadinya aksi bargain hunting. Terlebih lagi di bursa LME juga harga timah berjangka terpantau sempat mengalami rally meskipun di akhir perdagangan malam tadi harga timah di pasar komoditas tersebut berakhir dengan membukukan penurunan.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami penguatan lanjutan siang ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 15.200 dollar per ton, menguat sebesar 100 dollar atau setara dengan 0,66 persen.

Di akhir perdagangan LME dini hari tadi harga timah berjangka untuk kontrak 3 bulan ke depan justru bergerak melemah. Harga komoditas ditutup turun sebesar 25 dollar atau 0,16 persen dan berakhir di posisi 15.200  dollar per ton.

Analyst memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya akan menghadapi level support kuat di posisi 14.900 dollar dan 14.600 dollar. Akan tetapi jika terjadi peningkatan lanjutan harga tembaga akan menghadapi level resistance di 15.500 dollar dan 15.800 dollar (VN)

Tags:

Related Posts