Harga Karet Tocom Terjerat Sentimen Negatif

karet

AnalisaTrading – Harga karet alami berjangka di akhir perdagangan bursa Tocom siang ini terpantau membukukan penurunan yang signifikan (12/8). Harga karet alami Tocom kembali terpukul melemah akibat penurunan harga minyak mentah yang makin mengkhawatirkan.

Harga karet alami berjangka Tocom mengalami penurunan sejak awal perdagangan pagi tadi. Pergerakan harga minyak mentah hari ini memang mulai rebound tetapi masih belum menjauh dari level terendah dalam 6 tahun belakangan yang terjadi pada perdagangan kemarin.

Sementara itu kenaikan nilai tukar yen juga menjadi penyebab penurunan harga karet alami Tocom. Hari ini yen Jepang menguat dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya sehingga harga karet dalam yen bagi pembeli luar negeri menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Pada perdagangan hari ini harga karet alami berjangka ditutup di teritori negatif. Harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu  kontrak bulan Januari 2016 berakhir dengan membukukan penurunan sebesar 1,9 yen atau setara dengan 0,97 persen menjadi 194,1 yen per kilogram.

Analyst  memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka di Tocom pada perdagangan selanjutnya akan kembali dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar yen Jepang dan harga minyak mentah. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level support di 190,00 yen dan 187,00 yen. Harga akan menemui resistance pada level 200,00 dan 205,00 yen. (VN)

Tags:

Related Posts