Analisis Teknikal Mingguan, Senin 9 Februari 2015

eurusdWEEK

EURUSD:
Euro turun tajam terhadap dolar pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan AS yang kuat diperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga pertengahan tahun oleh Federal Reserve, menggarisbawahi pemulihan ekonomi divergen di AS dan zona euro. EUR/USD berada di 1,1316 di akhir perdagangan, turun 1,14% untuk hari itu. Euro masih di bawah tekanan karena kekhawatiran atas negosiasi utang Yunani terus membebani pada sentimen pasar. Lembaga pemeringkat Standard dan penurunan moderat Yunani pada Jumat akhir dan diperingatkan bahwa waktu hampir habis bagi Athena untuk mencapai kesepakatan pada Program pembiayaan baru dengan kreditur.

gbpusdWEEK
GBPUSD:
Pound jatuh kuat terhadap dolar pada hari Jumat setelah data menunjukkan bahwa ekonomi AS menambahkan pekerjaan pada tingkat yang solid bulan lalu, memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada pertengahan tahun. GBP/USD jatuh ke posisi terendah dari 1,5212 mengikuti rilis data, dan terakhir di 1,5242, turun 0,55% untuk hari itu.

audusdWEEK
AUDUSD:
Dolar Australia sedikit berubah terhadap mitra AS pada Jumat, setelah laporan pekerjaan AS yang kuat untuk bulan Januari diperkuat harapan untuk pertengahan tahun kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve. AUD/USD mencapai sesi rendah dari 0,7779 setelah data pekerjaan yang kuat dari tinggi di 0,7875 sebelumnya, sebelum kemudian konsolidasi pada 0,7799 pada penutupan perdagangan, naik 0,01% untuk hari itu dan 0,36% lebih tinggi untuk minggu ini.

eurchfWEEK
EURCHF:
Euro jatuh terhadap Swiss franc pada hari Jumat, menarik kembali dari titik tertinggi dua minggu di sesi sebelumnya di tengah spekulasi bahwa Bank Swiss National melakukan intervensi di pasar untuk melemahkan franc. EUR/CHF telah turun 0,86% menjadi 1,0479 di akhir perdagangan, dari tertinggi Kamis di 1,0640, tertinggi sejak 15 Januari.

goldWEEK

GOLD:
Emas jatuh tajam pada Jumat, karena data nonfarm payrolls yang kuat memicu optimisme atas kekuatan ekonomi dan meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mulai menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Pada divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman April merosot $ 28,10, atau 2,23%, untuk menetap di $ 1,234.60 per troy ounce pada penutupan perdagangan Jumat.

Menjelang minggu mendatang, akan ada  peristiwa penting yang  akan mempengaruhi pasar diantaranya adalah : 

Senin, 9 Februari
Jepang akan mempublikasikan data pada akun giro.
Di zona euro, Jerman akan merilis data neraca perdagangan.

Selasa, 10 Februari
Jepang akan merilis data aktivitas industri tersier.
Australia akan mempublikasikan data sektor swasta pada kepercayaan bisnis serta data resmi pada inflasi harga rumah.
China akan melaporkan inflasi harga konsumen dan produsen.
Di zona euro, Perancis akan merilis data produksi industri.
Di tempat lain, di Eropa, Swiss akan menghasilkan data inflasi konsumen, sementara Inggris akan merilis data produksi industri dan manufaktur.

Rabu, 11 Februari
Pasar di Jepang tetap tertutup untuk hari libur nasional.
Australia akan merilis data sektor swasta sentimen konsumen dan data resmi pada pinjaman rumah.
Di zona euro, kelompok euro dari menteri keuangan akan bertemu di Brussels.

Kamis, 12 Februari
Jepang akan merilis data order mesin inti.
Australia akan merilis data tentang perubahan jumlah orang yang dipekerjakan dan tingkat pengangguran, selain data sektor swasta pada ekspektasi inflasi.
Bank of England akan mempublikasikan laporan inflasi kuartalan. Gubernur BoE Mark Carney akan mengadakan konferensi pers untuk membahas laporan tersebut.
Kemudian pada hari itu, Kanada akan mempublikasikan laporan pada inflasi harga rumah baru.
AS akan melepaskan laporan penjualan ritel dan klaim pengangguran awal.

Jumat, 13 Februari
Zona euro akan merilis data awal pada pertumbuhan ekonomi.
Swiss akan menghasilkan data inflasi harga produsen.
Kanada akan merilis data penjualan manufaktur.
AS akan mengumpulkan minggu dengan data awal pada sentimen konsumen.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *