Tinjauan Harian, Selasa 30 Desember 2014

EUR/USD
EUR menurun 0,18% terhadap USD dan ditutup pada harga 1,2155, karena sentimen investor rusak setelah Perdana Menteri Yunani Antonis Samaras tidak berhasil dalam usaha ketiga dan terakhir untuk membujuk parlemen untuk mendukung kandidatnya, Stavros Dimas, untuk Kepala Negara, yang pada gilirannya ke pemilihan parlemen. Sementara itu, Komisaris Ekonomi Uni Eropa, Pierre Moscovici memperingatkan bahwa “komitmen yang kuat untuk Eropa dan dukungan luas di kalangan pemilih Yunani dan para pemimpin politik untuk proses reformasi pertumbuhan ramah diperlukan akan menjadi penting untuk Yunani untuk berkembang lagi dalam kawasan Euro. “Demikian pula, Menteri keuangan Jerman Wolfgang Schäuble juga mendesak Yunani untuk tetap reformasi ekonomi yang sebelumnya disepakati terlepas dari hasil pemilihan nantinya. Berikutnya perkembangan penting lain, IMF menghentikan bantuan keuangan ke Yunani sampai pembentukan pemerintah baru di negara yang dililit utang. Namun, dana tersebut meyakinkan bahwa langkah terbaru tidak akan menghambat perekonomian tidak menentu bangsa sebagai “Yunani tidak menghadapi kebutuhan pembiayaan langsung.” Di sisi ekonomi, kepercayaan di kalangan konsumen di Italia jatuh ke 10-bulan rendah dari 99,7 pada bulan Desember. Pasangan ini diperkirakan akan menemukan support di 1,2107, dan penurunan selanjutnya bisa dibawa ke level support berikutnya di 1,2074. Pasangan ini diharapkan dapat menemukan resistan pertama di 1,2197, dan peningkatan selanjutnya bisa dibawa ke level resistan berikutnya di 1,2255. Tren perdagangan dalam pasangan saat ini diharapkan akan ditentukan oleh data kepercayaan konsumen dari AS. Sementara itu, investor juga akan memperhatikan pelepasan uang beredar dan data pinjaman pribadi dari zona Euro bersama dengan angka penjualan ritel dari Spanyol.

GBP/USD
GBP turun 0,29% terhadap USD dan ditutup pada harga 1,5514.
Kemarin, Lepala Ekonom BoE Andy Haldane menunjukkan bahwa bank sentral telah membentuk gugus tugas khusus untuk menjaga pada internet dan jaringan sosial untuk memastikan tren pemulihan ekonomi Inggris di masa depan. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa bank sentral telah menciptakan sebuah tim analisis canggih baru yang membangun model, algoritma dan metode untuk pertambangan data. Pasangan ini diperkirakan akan menemukan support di 1,5488, dan penurunan selanjutnya bisa dibawa ke level support berikutnya 1,5455. Pasangan ini diharapkan dapat menemukan resistan pertama di 1,5570, dan peningkatan selanjutnya bisa dibawa ke level resistan berikutnya 1,5620.

USD/JPY
USD menguat 0,24% terhadap JPY dan ditutup pada harga 120,68. Menurut usulan revisi pajak Partai Demokrat Liberal Jepang, tingkat perusahaan-pajak di negara ini harus turun oleh 3,29% selama dua tahun untuk 31,33%. Pasangan ini diperkirakan akan menemukan support di 120,17, dan penurunan selanjutnya bisa dibawa ke level support berikutnya di 119,88. Pasangan ini diharapkan dapat menemukan resistan pertama di 120,76, dan peningkatan selanjutnya bisa dibawa ke level resistan berikutnya di 121,05. Di tengah kalender ekonomi, tren perdagangan untuk pasangan ini akan ditentukan oleh berita global.

AUD/USD
AUD menguat 0,21% terhadap USD ditutup pada harga 0,8136. Data yang dirilis pagi ini menunjukkan bahwa indeks terkemuka China mencatat penurunan ke 99,17 di China pada bulan November, dibandingkan dengan tingkat revisi 99,37 pada bulan sebelumnya. Pasangan ini diperkirakan akan menemukan support di 0,8110, dan penurunan selanjutnya bisa dibawa ke level support berikutnya di 0,8094. Pasangan ini diharapkan dapat menemukan resistan pertama di 0,8154, dan peningkatan selanjutnya bisa dibawa ke level resistan berikutnya di 0,8181.

XAU/USD
Harga emas diperdagangkan lebih rendah 1,04% terhadap USD di 1.183,50 per ounce, di tengah kekuatan luas greenback. Sementara itu, kepemilikan di SPDR Gold Trust, produk yang diperdagangkan di bursa terbesar mencatat enam tahun rendahnya tingkat 712,3 metrik ton.
Secara terpisah, data resmi dari China mengungkapkan bahwa impor 149.257 kg emas dari Hong Kong pada bulan November, 34% lebih tinggi dibandingkan dengan angka bulan sebelumnya. Pasangan ini diperkirakan akan menemukan support di 1.177,77, dan penurunan selanjutnya bisa dibawa ke level support berikutnya di 1.169,23. Pasangan ini diharapkan dapat menemukan resistan pertama di 1.195,67, dan peningkatan selanjutnya bisa dibawa ke level resistan berikutnya di 1.205,03.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *