Situasi Politik RI ‘Panas’ Bikin Pasar Saham Terus Anjlok

AnalisaTrading-Hari ini pasar saham Indonesia kembali mengalami koreksi tajam. Meski pagi tadi sempat naik, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) siang ini anjlok lagi.

Aksi jual investor asing makin gencar hingga siang hari ini. Tercatat sudah Rp 200 miliar dana asing yang keluar dari lantai bursa.

Kemarin dana asing juga sudah kabur dari bursa sebesar Rp 1,4 triliun. IHSG juga mengalami koreksi terbesarnya tahun ini yaitu 2,7%.

“Yang menyebabkan penjualan dari investor asing selain dari faktor global juga dari faktor dalam negeri khususnya kekhawatiran presiden terpilih, Jokowi tidak dapat leluasa menjalankan kebijakannya apalagi yang berkaitan dengan kebijakan yang harus mendapat persetujuan dari DPR,” kata Daewoo Securities dalam hasil risetnya, Jumat (3/10/2014).

Posisi terendah IHSG hari ini ada di level 4.933,845. Sampai berita ini ditayangkan, IHSG masih terus bergerak ke bawah.

Hasil rapat paripurna kemarin DPR memutuskan Setya Novanto dari Partai Golkar sebagai Ketua DPR. Sementara empat wakilnya adalah Fadli Zon (Partai Gerindra), Agus Herman (Partai Demokrat), Fahri Hamzah (Partai Keadilan Sejahtera), dan Taufik Kurniawan (Partai Amanat Nasional).

Hal ini yang memicu kekhawatiran investor. Pelaku pasar memprediksi kebijakan dan program Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan dihadang oleh para anggota DPR yang mayoritas dikuasai Koalisi Merah Putih (KMP). (FD)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *