Kamis Siang, Rupiah Melemah ke Posisi Rp 11.768 / USD

AnalisaTrading-Laju nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Kamis pagi hingga siang melemah dua poin menjadi Rp 11.768 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 11.766 per dolar AS.  Dolar AS kembali bergerak terhadap mata uang rupiah menjelang publikasi data tingkat pekerjaan AS yang diperkirakan menunjukkan kenaikan.

Kenaikan tingkat pekerjaan AS itu seiring adanya ekspansi pada industri sektor jasa. Sentimen itu kembali menguatkan peluang kenaikan tingkat suku bunga AS (Fed rate).   Data Non-farm Payrolls yang akan dirilis pada pekan ini juga diperkirakan masih sesuai ekspektasi. Selain itu, AS juga akan merilis data pesanan pabrik bulan Juli yang diperkirakan ada lonjakan kenaikan sekitar 10,9 persen.

Hasil yang sesuai ekspektasi bisa mendorong atau mempertahankan penguatan dolar AS lebih lanjut.   Data ekonomi AS sejauh ini masih cukup bagus, dan langkah bank sentral AS (Federal reserve) untuk mengakhiri kebijakan pelonggaran stimulusnya atau biasa disebut “quantitative easing” (QE) akan membuat dolar AS menjadi lebih ketat sehingga potensi penguatannya masih terbuka. (FR)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *