Dollar Australia Menguat Sambut Data Solid Penjualan Eceran dan Neraca Perdagangan

AnalisaTrading-Pada perdagangan hari ini nilai tukar aussie tampak mengalami kenaikan lanjutan terhadap dollar AS (4/9). Aussie tampak mengalami peningkatan yang signifikan setelah data penjualan eceran dan neraca perdagangan Juli dirilis. Kedua data ekonomi Australia tersebut memberikan gambaran yang cukup baik mengenai kondisi ekonomi di negara tersebut.

Penjualan eceran Australia di bulan Juli tampak mengalami peningkatan sebesar 0.4 persen. Angka tersebut sesuai dengan estimasi para pelaku pasar. Pada bulan Juni sebelumnya penjualan eceran tampak alami kenaikan sebesar 0.6 persen.

Sementara itu data neraca perdagangan tampak mengalami penurunan defisit yang cukup mengejutkan. Defisit perdagangan turun menjadi 1.36 miliar aussie dari defisit bulan Juni yang mencapai 1.56 miliar aussie. Sebelumnya diperkirakan defisit perdagangan akan membengkak menjadi 1.77 miliar aussie.

Pada perdagangan Kamis pagi ini aussie terpantau sempat mencapai posisi 0.9365 dollar AS yang merupakan level tertinggi sejak tanggal 28 Agustus lalu. Saat ini aussie masih berada di teritori positif di level 0.9351, dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di 0.9346 dollar.

Diperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung menguat terbatas. Kondisi retreat di bursa Asia berpotensi untuk menahan kenaikan aussie. Mata uang Australia tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 0.9320 – 0.9400 dollar. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *