Harga CPO Masih Menghijau Meski Fundamental Negatif Kuat

Analisa Trading – Harga CPO di Bursa Malaysia pada awal perdagangan hari ini, Rabu 3 September 2014, terpantau sedang mengalami pergerakan menguat. Penguatan harga CPO di Bursa Malaysia dipicu oleh sentimen data ekspor Malaysia yang berada di atas ekspektasi.

Pergerakan harga CPO terpantau masih dapat terpengaruh oleh data ekspor minyak sawit Malaysia pada akhir Agustus. Data ekspor yang menunjukan pengurangan ekspor Malaysia sebesar 4,8% dibandingkan data Juli ke level 1.288,117 ton masih lebih baik dari ekspektasi. Imbas dari hal tersebut, selain faktor dorongan jenuh teknikal, harga CPO pun juga cukup mendapat dorongan secara fundamental.

Walaupun demikian, pergerakan harga CPO pada perdagangan hari ini secara fundamental global akan sangat tertekan oleh faktor substitusi khususnya harga minyak mentah global. Harga minyak mentah global yang anjlok Selasa lalu, kian menguatkan daya saing substitusi di produk bahan bakar.

Pada awal perdagangan hari ini di Bursa Malaysia, harga CPO terpantau sedang mengalami penguatan tipis. harga CPO berjangka Bursa Malaysia untuk kontrak November 2014 naik 0,26% ke tingkat harga 1.958 RM/ton atau menguat 5 RM/ton.

Sementara dari perdagangan di bursa ICDX, harga CPO juga terpantau sedang mengalami penguatan. Harga CPO berjangka ICDX untuk kontrak November 2014 sedang naik hingga 1,01% ke tingkat harga Rp 7.465 atau menguat Rp 75.

Analis  memprediksi harga CPO akan cenderung mengalami tekanan dari faktor fundamental pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh sangat kuatnya tekanan faktor substitusi baik dari kedelai maupun minyak mentah global. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *