Perekonomian Eurozone Belum Stabil, Inflasi Jerman Terendah Dalam 4,5 Tahun Terakhir

Analisa Trading – Inflasi Jerman pada bulan Agustus ini yang diukur dengan melihat indeks harga konsumen ternyata masih betah berada pada level terendahnya. Indeks harga konsumen naik 0,8 persen pada basis tahunan, sama seperti pada bulan Juli lalu dimana hal ini sejalan dengan ekspektasi ekonom. Angka inflasi ini adalah yang terendah sejak Februari 2010 silam. Seperti terlihat pada gambar:

Germany Inflation Rate
Harga makanan naik 0,3 persen, yang lebih cepat dari kenaikan 0,1 persen pada bulan sebelumnya. Harga energi menurun 1,9 persen, yang lebih buruk daripada 1,5 persen penurunan pada bulan Juli. Sedangkan pada basis bulanan, harga konsumen tetap tidak berubah pada bulan Agustus lalu menyusul kenaikan 0,3 persen pada bulan Juli.

Sedangkan, indeks Harmonized harga konsumen (HICP) yang mengukur inflasi di kawasan Uni Eropa, juga naik 0,8 persen per tahun di bulan Agustus, sama seperti pada bulan Juli. Indeks itu datar selama satu bulan, setelah kenaikan 0,3 persen. Kedua angka tersebut sejalan dengan ekspektasi para ekonom. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *