Harga Kopi Arabika Masih Bergerak Positif, Teknikal Masuki Fase Jenuh

Analisa Trading – Harga kopi Arabika di Bursa ICE pada penutupan perdagangan Kamis 28 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat, penguatan harga kopi Arabika di Bursa ICE US dipicu oleh masih adanya dorongan fundamental dari sisi supply akibat rilis prediksi output pertengahan pekan lalu.

Dorongan positif dari revisi prediksi output kopi Brasil oleh Neumann terpantau masih kokoh mengangkat harga kopi Arabika di ICE US. Revisi prediksi Neumann terkait output kopi Brasil yang diturunkan dari level 47,7 juta kantong 60 kg ke 45 juta kantong membuat sentimen positif dari sisi supply akibat dampak kekeringa Brasil menguat.

Namun, meskipun secara fundamental menguat, harga kopi telah memasuki fase jenuh secara teknikal akibat dorongan fundamental tersebut. Hal tersebut terlihat dari tertembusnya BB resistance pada Kamis lalu yang membuat harga sempat turun cukup tajam meski masih dapat ditutup menguat.

Pada penutupan perdagangan Kamis 28 Agustus 2014 di Bursa ICE US, harga kopi Arabika ditutup menguat cukup signifikan. Harga kopi Arabika berjangka ICE US untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,93% ke tingkat harga $200/ton atau menguat $1,85/ton.

Sementara pada perdagangan kopi Robusta di Bursa LIFFE, harga kopi Robusta justru ditutup melemah akibat aksi profit taking. Harga kopi Robusta berjangka LIFFE untuk kontrak November 2014 ditutup turun 0,44% ke tingkat harga $2.039/ton atau melemah $9/ton.

Analis  memprediksi harga kopi Arabika di Bursa ICE US pada perdagangan hari ini akan cenderung bergerak melemah. Hal tersebut dilandasi oleh posisi jenuh teknikal pada pergerakan harga meski fundamental masih positif. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $194,5-$205 pada Arabika dan $2.020-$2.065 pada Robusta. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *