Membaiknya Bursa Asia Picu Naik Nilai Tukar Aussie

AnalisaTrading-Pada perdagangan hari ini nilai tukar aussie tampak mengalami kenaikan lanjutan terhadap dollar AS (27/8). Aussie melanjutkan kenaikan untuk dua hari berturut-turut terhadap rival utamanya meskipun data ekonomi mengenai pekerjaan konstruksi yang terselesaikan di kuartal kedua lalu menunjukkan penurunan yang jauh melampaui estimasi.

Data dari pemerintah Australia menunjukkan bahwa pada kuartal kedua lalu jumlah pekerjaan konstruksi yang berhasil diselesaikan mengalami penurunan sebesar 1.2 persen. Angka ini jauh lebih tingdi dibandingkan dengan prediksi penurunan sebesar 0.4 persen.

Kenaikan yang terjadi pada mata uang aussie disebabkan oleh kenaikan yang dialami oleh bursa saham Asia. Pagi hari ini bursa-bursa Asia mengalami peningkatan yang signifikan setelah bursa saham Amerika Serikat dini hari tadi indeks S&P 500 mencapai rekor tertinggi, untuk pertama kalinya ditutup di atas level 2000 poin.

Sentimen positif di Wall Street tersebut turut memberikan dukungan terhadap bursa saham Asia, termasuk bursa saham Australia. Membaiknya kondisi bursa saham Asia membuat para investor mulai kembali mencari asset berisiko, termasuk aussie.

Wall Street menguat didukung oleh laporan ekonomi yang lebih baik dari perkiraan. Indeks keyakinan konsumen mencapai angka paling tinggi sejak tahun 2007 di bulan Agustus lalu. Durable goods orders juga membukukan kenaikan terbesar sepanjang sejarah di bulan Juli.

Hari ini aussie terpantau berada pada posisi 0.9313 dollar AS. Aussie mengalami peningkatan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.9308 dollar. Kemarin aussie sempat mengalami kenaikan hingga mencapai posisi 0.9333 dollar yang merupakan level paling tinggi sejak tanggal 19 Agustus lalu.

Diperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Mata uang Australia tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 0.9280 – 0.9340 dollar. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *