Harga Kakao Terkoreksi, Bergerak Menjauh Dari Level Tertinggi 3 Tahun

Analisa Trading – Harga kakao di Bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Kamis 21 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah cukup signifikan. Pelemahan harga kakao di Bursa ICE Futures US dipicu oleh koreksi harga pasca harga menyentuh level tertinggi 3 tahun Senin lalu.

Belum adanya dorongan fundamental kuat baru pada pergerakan harga kakao di Bursa ICE Futures US, terpantau berimbas pada bergerak semakin menjauhnya harga kakao dari level tertinggi 3 tahun. Dorongan fundamental positif kuat dari ekspektasi demand kakao global yang tinggi pada periode ini, kini telah melemah akibat tekanan dari potensi tingginya supply kakao dari Afrika.

Selain faktor dorongan fundamental yang lemah dan memicu aksi koreksi, harga kakao juga cukup mengalami tekanan akibat pergerakan nilai Dollar AS. Penguatan nilai Dollar AS dalam beberapa hari terakhir pada perdagangan valuta asing, membuat harga kakao menjadi relatif bertambah mahal bagi para investor yang memegang uang selain Dollar AS.

Pada penutupan perdagangan Kamis 21 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah cukup signifikan. Harga kakao berjangka ICE Futures US untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,81% ke tingkat harga $3.200/ton atau melemah $26/ton

Analis  memprediksi harga kakao akan cenderung bergerak kembali menguat terbatas pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi aksi beli pasca merosotnya harga kakao Kamis lalu yang masih tersupport oleh ekspektasi demand meskipun telah melemah. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $3.180-$3.255 per ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *