Harga Kedelai dan Jagung Turun Tajam Pasca Rilis Hasil Tour Pro Farmer

Analisa Trading – Harga kedelai dan jagung di Bursa CBOT pada penutupan perdagangan Rabu 20 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah signifikan. Pelemahan harga kedelai dan jagung di Bursa CBOT dipicu oleh hasil tour Pro Farmer yang mencoba mengetahui kondisi penanaman kedelai dan jagung Amerika Serikat.

Hasil tour Pro Farmer yang cenderung memberikan indikasi melimpahnya output kedelai dan jagung Amerika Serikat, terpantau semakin menekan harga kedua komoditas ke tingkat harga terendah baru. Kekhawatiran akan ketatnya persaingan supply global akibat lonjakan output AS pun menjadi faktor yang memicu harga kedelai dan jagung untuk semakin jatuh meskipun demand masih diperkirakan cukup tinggi.

Selain faktor tekanan data hasil tour Pro Farmer, harga kedelai dan jagung juga turut terdorong melemah oleh ekspektasi cuaca Amerika Serikat. Prediksi akan turunnya hujan di beberapa wilayah penanaman kedelai dan jagung berpotensi semakin meningkatkan kualitas tanaman Amerika Serikat.

Pada perdagangan Rabu 20 Agustus 2014, harga kedelai dan jagung di Bursa CBOT terpantau ditutup melemah signifikan. Harga jagung berjangka CBOT untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 1,29% ke tingkat harga $3,674/bushel atau melemah 0,048/bushel. Sementara harga kedelai berjangka CBOT untuk kontrak November 2014 turun 1,39% ke tingkat harga $10,38/bushel atau melemah $0,146/bushel.

Analis  memprediksi harga kedelai dan jagung diprediksi akan cnederung bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi dorongan teknikal jenuh yang dapat mengangkat harga kedua komoditas. Namun pergerakan harus mewaspadai data penjualan jagung dan kedelai AS yang akan dirilis USDA pada hari ini. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $3,55-$3,75 pada jagung dan $10,30-$10,70 pada kedelai. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *