Harga Kakao Hanya Melemah Sehari, Fundamental Masih Kokoh

Analisa Trading – Harga kakao di Bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Rabu 20 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat. Penguatan harga kakao di Bursa ICE Futures US dipicu oleh faktor fundamental yang masih memberikan dorongan pada harga kakao untuk kembali menguat.

Ekspektasi terhadap demand global terhadap kakao, terpantau kembali memicu harga kakao untuk bergerak menguat. Perkiraan akan tingginya permintaan kakao pada periode ini, terus mengangkat kakao untuk setidaknya mendekati level tertinggi 3 tahun. Penguatan dari dorongan fundamental sisi demand tersebut, bahkan dapat menutup ekspektasi tingginya output kakao Pantai Gading pada periode ini.

Sebelumnya, pada perdagangan Selasa lalu, harga kakao ditutup menukik tajam di Bursa ICE US. Hal tersebut dipicu oleh pergerakan harga kakao yang telah melebih level tertinggi 3 tahun, namun memasuki fase lesu secara teknikal. Dampak dari teknikal yang memasuki fase lesu menguat tersebut, harga kakao pun anjlok akibat koreksi.

Pada penutupan perdagangan Rabu 20 Agustus 2014 di Bursa ICE Futures US, harga kakao terpantau ditutup menguat. Harga kakao berjangka ICE Futures US untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,69% ke tingkat harga $3.226/ton atau menguat $22/ton.

Analis  memprediksi harga kakao akan cenderung bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan fundamental sisi demand yang diperkirakan masih akan mejadi determinan kuat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $3.200-$3.270 per ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *