Harga Karet Tocom Kembali Terangkat, Nilai Yen Picu Aksi Beli

Analisa Trading – Harga karet di Bursa Tocom pada awal sesi perdagangan siang hari ini, 20 Agustus 2014, terpantau sedang mengalami penguatan. Penguatan harga karet di Bursa Tocom dipicu oleh sentimen positif dari pergerakan nilai mata uang Yen dan pergerakan menguat pada harga minyak mentah Brent pada perdagangan Selasa lalu.

Meskipun demand pasar Tiongkok yang masih dianggap lemah, penguatan harga karet di Bursa Tocom dalam 2 hari terakhir masih berlanjut sejauh ini pada perdagangan awal sesi siang. Pengaruh dari terus melemahnya nilai Yen akibat mulai rapuhnya dorongan geopolitik yang menguatkan harga Yen selaku safe haven membuat harga karet Tocom menjadi relatif lebih murah. Dampak dari hal tersebut, harga karet di Tocom pun terangkat akibat aksi beli para investor.

Selain faktor pelemahan Yen, harga karet juga cukup mendapat support dari pergerakan harga minyak mentah Brent. Harga minyak mentah Brent yang rebound pada penutupan dini hari tadi sedikit memberikan dorongan penguatan pada harga karet di Tocom. Walaupun demikian, reboung yang relatif terbatas pada harga minyak mentah Brent, diperkirakan tidak akan mampu menggerakan harga karet untuk menguat signifikan.

Pada awal perdagangan sesi siang hari ini di Bursa Tocom, harga karet terpantau sedang mengalami penguatan. Harga karet berjangka Tocom untuk kontrak Januari 2015 naik 0,56% ke tingkat harga 199 Yen/kg atau menguat 1,1 Yen/kg.

Sementara pada perdagangan di Bursa Shanghai Future Exchange, harga karet masih belum mengalami perubahan. Harga karet berjangka SHFE untuk kontrak Januari 2015 masih berada di tingkat harga 14.935 Yuan/ton.

Analis memprediksi harga karet berpeluang untuk menguat akibat dorongan pelemahan Yen. Namun, pergerakan juga akan sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga di SHFE dan aksi wait and see terhadap data manufaktur Tiongkok yang baru akan rilis Kamis mendatang. (VN)

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *