Fundamental Negatif Kuat, Harga Gula Terpuruk di Kisaran Terendah 6 Bulan

Analisa Trading – Harga gula di Bursa ICE US pada perdagangan pekan lalu, 11-15 Agustus 2014 terpantau ditutup dengan pelemahan secara agregat sepekan. Pelemahan harga gula di Bursa ICE US dipicu oleh kondisi fundamental yang negatif baik dari sisi supply maupun demand.

Dari sisi supply, posisi fundamental terhadap harga gula masih memberikan sentimen negatif yang cukup kuat. Meskipun pada pekan lalu Unica melaporkan pengolahan tebu Brasil turun ke level 2,24 juta ton dari sebelumnya 2,55 juta ton pada dua pekan awal Juli, namun tingkatan tersebut masih berada di level yang tinggi. Bahkan pencapaian tersebut tercatat masih lebih tinggi sebesar 9% dibandingkan tahun 2013.

Sementara dari sisi demand, pelemahan demand global akibat tingginya persediaan output global masih menjadi kendala pada pergerakan harga gula untuk menguat. Hal tersebut disebabkan oleh potensi penurunan demand secara signifikan akibat penurunan permintaan Tiongkok akibat posisi supply domestik yang masih cukup baik.

Posisi fundamental yang negatif kuat tersebut, bahkan telah memicu Cosan SA untuk mengubah strategi penjualannya. Melihat potensi pasar gula yang sedang lemah pada periode ini, Cosan SA, berencana untuk terlebih dulu menahan persediaan gula untuk menunggu pengetatan persediaan global. Hal tersebut dilakukan oleh Cosan SA akibat tingkat harga gula global yang telah sangat rendah pada saat ini.

Pada perdagangan pekan lalu di Bursa ICE US, harga gula terpantau mengalami pelemahan secara agregat sepekan. Harga gula berjangka ICE US untuk kontrak Oktober 2014 turun 1,36% ke tingkat harga $15,92/ton atau melemah $0,22/ton.

Sementara dari Bursa LIFFE, pekan lalu harga gula putih juga ditutup dengan mengalami pelemahan secara agregat sepekan. Harga gula putih berjangka LIFFE untuk kontrak Oktober 2014 turun 0,55% ke tingkat harga $430,90/ton atau melemah $2,40/ton.

Analis  memprediksi harga gula akan cenderung menguat pada perdagangan pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh posisi jenuh teknikal pada pergerakan harga gula. Namun, pergerakan akan cukup dipengaruhi oleh laporan Commitments of Traders pada pekan ini. Terkait pergerakan harga gula, range normal diprediksi akan berada di kisaran $15,60-$16,50 pada gula ICE US dan $420-$450 pada gula putih LIFFE. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *