Tiongkok Bantu Utang Negara Komunis di Benua Amerika

Analisa Trading – Kuba dan China akan mengadakan kerja sama bilateral untuk mengeksplorasi peluang bisnis baru di sektor-sektor strategis seperti energi terbarukan, industri farmasi dan pariwisata.

Pada kesempatan kunjungan bisnis dari China, dua pertemuan akan diselenggarakan di Havana Hotel Nacional de Cuba pada hari Senin, di mana peluang baru yang ditawarkan oleh UU 118 mengenai Penanaman Modal Asing yang berlaku sejak Juni, akan disajikan .

Menurut Kamar Dagang Republik Kuba, program ini akan mencakup, forum bisnis yang diselenggarakan oleh Biro Pengembangan Perdagangan dan, dan yang kedua adalah sebuah seminar yang disponsori oleh Badan promosi Investasi.

Kedekatan ideologi antara kedua negara ini menjadi salah satu alasan mengapa kerja sama bilateral ini dapat terjadi. Seperti yang diketahui secara umum, bahwa baik Cuba dan China sama-sama menganut ideologi komunisme. Kredit lunak yang diberikan oleh pemerintah China kepada Cuba telah menjadikan China mitra dagang terbesar Cuba setelah Venezuela yang tahun lalu memiliki total transaksi sebesar USD 1,4 miliar.

Pemerintah China telah membantu Cuba untuk merestrukturisasi utang pemertinah dan juga utang komersial yang bernilai USD 6 miliar. Sebelumnya juga pada tahun 2000 kedua negara itu telah melakukan kesepakatan investasi pada industri nikel, perhotelan, dan juga pada lima tahun lalu sudah sepakat untuk mengembangkan penyulingan minyak mentah namun hingga saat ini belum terealisasi.

Jika dilihat secara keseluruhan, perekonomian Cuba terlihat cukup baik dengan beberapa kondisi yang mirip dengan Indonesia. Sebagai negara berkembang, tingkat pengangguran Cuba terlihat cukup tinggi walaupun pada tahun 2009 sampai dengan 2013 memiliki trend peningkatan pengangguran.

cuba-unemployment-rate

Jika dilihat dari tingkat inflasi, Cuba memiliki tingkat inflasi yang cukup baik, yaitu diantara 3%-5,5% sejak tahun 2010. Jika dibandingkan dengan Indonesia yaitu kebijakan inflation targeting framework yang digagas oleh Bank Indonesia, tingkat inflasi Kuba dapat dikatakan sebagai inflasi yang ideal karena pertumbuhan ekonomi yang baik tanpa mengurangi daya beli masyarakat secara berlebihan.

cuba-inflation-cpi

Cuba memiliki pertumbuhan yang cukup rendah dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Sejak tahun 2009 pertumbuhan ekonomi Cuba melambat dan hanya mencapai pertumbuhan dibawah 3% per tahun. Meskipun menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi, namun terlihat juga bahwa pendapatan per kapita Cuba dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi. Hingga tahun 2012, tercatat pendapatan per kapita Cuba sudah mencapai USD 5000 per tahun.

cuba-gdp-growth-annualcuba-gdp-per-capita

Sementara itu tingkat utang pemerintah terhadap GDP Cuba juga tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sebesar 21% pada tahun 2011. Persentase itu tentu saja lebih rendah daripada rasio utang terhadap GDP negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang yang mencapai 100%. (VN)

  cuba-government-debt-to-gdp

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *