Yen Terkoreksi dari 1 Minggu Tertinggi

AnalisaTrading-Pada perdagangan hari ini nilai tukar yen terhadap dollar AS terpantau mengalami retreat setelah sempat mengalami kenaikan hingga mencapai posisi paling rendah dalam satu minggu belakangan terhadap dollar AS (18/7). Yen pagi tadi mengalami penguatan di tengah aksi beli asset safe haven oleh para pelaku pasar global.

Ketegangan geopolitik di berbagai belahan dunia menjegal bursa saham AS dan Eropa tadi malam. Melemahnya bursa saham tersebut menyebar ke Asia.

Serangan darat oleh militer Israel ke Gaza mengakibatkan harga minyak mentah naik tajam tadi malam. Sementara itu ditembak jatuhnya pesawat MH 17 milik Malaysian Airlines di Ukraina yang menewaskan seluruh penumpangnya turut mendorong terjadinya aksi jual di pasar saham Asia.

Mata uang yen menguat karena pasar memilih untuk memegang investasi yang dinilai safe haven. Akan tetapi saat ini yen tampak bergerak retreat karena adanya dorongan teknikal dan aksi ambil untung. Saat ini yen berada pada posisi 101.35 per dollar AS. Mata uang ini mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 101.18 per dollar. Hari ini yen sempat mengalami peningkatan ke posisi 101.09 per dollar, tertinggi sejak tanggal 10 Juli lalu.

Tampak bahwa rupiah masih memiliki kecenderungan untuk mempertahankan retreat, meskipun terbatasDiperkirakan bahwa pergerakan mata uang yen terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung tertahan di teritori negatif. Akan tetapi masih ada kemungkinan yen kembali lanjutkan kenaikannya di sesi Eropa atau AS, terutama jika ada perkembangan dari situasi geopolitik. Mata uang ini kemungkinan akan mengalami pergerakan pada kisaran 101.00 – 101.60 per dollar.(VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *