Harga Tembaga Menguat di LME, Goldman Sachs Prediksikan Over Supply Tembaga

Analisa Trading – Harga tembaga di Bursa LME pada perdagangan Rabu 16 Juli 2014 terpantau ditutup menguat. Penguatan harga tembaga di Bursa LME dipicu oleh rilis data QDP Tiongkok yang naik melebihi ekspektasi.

Penguatan GDP Tiongkok ke level 7,5% dari prediksi 7,4% terpantau berhasil memicu harga tembaga untuk bergerak menguat di LME. Peningkatan GDP Tiongkok yang melebihi ekspektasi tersebut, mengindikasikan keberhasilan stimulus oleh pemerintah Tiongkok dalam upaya meningkatkan perekonomian negara tersebut. Secara tidak langsung, hal tersebut berimbas pada prospek peningkatan demand tembaga oleh Tiongkok meskipun impor tembaga Tiongkok terus melemah dalam 2 bulan terakhir.

Walaupun demikian, harga tembaga berpotensi untuk tergerus pada perdagangan hari selanjutnya di Bursa LME. Hal tersebut disebabkan oleh prediksi Goldman Sachs yang menyatakan posisi persediaan dan permintaan tembaga cenderung berada dalam posisi excess supply. Hal tersebut dilandasi oleh prediksi oleh Goldman Sachs yang menyatakan supply global akan lebih besar 385.000 ton dibandingkan demand global. Selain itu, Rio Tinto juga memprediksi akan adanya peningkatan outputnya hingga 2,6%.

Pada perdagangan Rabu 16 Juli 2014 di Bursa LME, harga tembaga terpantau ditutup menguat. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan naik 0,25% ke tingkat harga $7.123/ton atau menguat $18/ton.

Sedangkan pada perdagangan hari ini di Bursa SHFE, harga tembaga terpantau masih tersungkur. Harga tembaga berjangka SHFE untuk kontrak September 2014 anjlok 1,25% ke tingkat harga 49.920 Yuan/ton atau melemah 630 Yuan/ton.

Analis  memprediksi harga tembaga akan cenderung jatuh melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan sentimen negatif dari rilis prediksi Goldman Sachs Group dan Rio Tinto. Terkait pergerakan harga tembaga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $6.900-7200/ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *