Bursa Sydney Melemah; Data Positif dalam Negeri Gagal Angkat Sentimen

AnalisaTrading-Pada perdagangan di bursa saham Australia pagi ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (9/7). Bursa saham Sydney melanjutkan penurunannya hingga membawa indeks benchmark S&P ASX 200 ke teritori negatif. Buruknya sentiment yang berkembang di Asia lebih dominan dibandingkan dengan data ekonomi Australia yang dirilis dan menunjukkan kondisi positif untuk bursa.

Rilis data sentiment konsumen di Australia untuk bulan Juli mengalami perbaikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data dari Melbourne Institute dan Westpac Bank menunjukkan indeks alami kenaikan sebesar 1.9 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Lesunya bursa saham Australia tidak lepas dari sentiment negatif yang melingkupi Asia hari ini. Bursa-bursa saham di kawasan Asia mengalami penurunan untuk tiga sesi berturut-turut Rabu ini menyusul aksi jual yang terjadi di bursa Wall Street malam tadi. Rilis data inflasi Tiongkok yang pagi ini menunjukkan terjadinya perlambatan pada bulan Juni lalu membuat bursa saham Asia cenderung diselimuti sentiment negatif.

Saham Fortescue Metals dan Atlas iron mengalami penurunan masing-masing lebih dari 1 persen. Sedangkan harga saham BHP Billiton mengalami penurunan sebesar 0.7 persen meskipun harga tembaga dan bijih besi malam tadi mengalami peningkatan.

Indeks benchmark di bursa saham Australia pagi ini terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan. Indeks S&P ASX 200 turun sebesar 49.14 poin atau 0.89 persen di posisi 5461.50 poin.

Diperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham Sydney pagi ini akan cenderung alami penurunan. Sentiment negative diprediksi akan bertahan hingga akhir sesi. Hari ini indeks akan mengalami pergerakan pada kisaran 5430 – 5490 poin. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *