Harga Kedelai CBOT Anjlok Lebih dari 5% Pekan Lalu

AnalisaTrading – Harga kedelai di Bursa CBOT pada perdagangan pekan lalu terpantau ditutup melemah signifikan secara agregat sepekan. Pelemahan harga kedelai di Bursa CBOT dipicu oleh kondisi penanaman kedelai AS yang terpantau berada dalam kondisi sangat baik.

Rilis data kondisi tanaman kedelai AS oleh USDA pada pekan lalu, terpantau menjadi sentimen negatif kuat yang terus menekan harga kedelai untuk melemah sepanjang pekan. Rilis data oleh USDA yang menyatakan penanaman kedelai AS naik 11% hingga ke level 8,4 juta acre membuat supply kedelai AS berpotensi melonjak signifikan.

Selain faktor penanaman yang meningkat, kondisi tanaman kedelai AS saat ini yang dinyatakan berada dalam kondisi terbaik dalam 20 tahun terakhir juga kian melemahkan harga kedelai CBOT. Sementara persediaan yang masih cukup tinggi di level 405 juta bushel juga turut mendorong harga kedelai untuk terus melemah pada pekan lalu.

Pada perdagangan pekan lalu di Bursa CBOT, harga kedelai terpantau mengalami pelemahan secara agregat sepekan. Harga kedelai berjangka CBOT untuk kontrak Agustus 2014 turun hingga 5,69% ke tingkat harga $12,996/bushel atau melemah $0,784/bushel.

Analis  memprediksi harga kedelai masih akan berada dalam kecenderungan untuk melemah pada pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh tekanan sisi supply kedelai AS yang sulit untuk membuat harga kedelai untuk menguat di CBOT. Terkait pergerakan harga kedelai pada pekan ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $12,35-$14,22/bushel. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *