Angka Pengangguran AS Menurun, The Fed Bisa Lebih Dini Naikkan Suku Bunga

Analisa Trading – Angka klaim pengangguran mengalami penurunan, setelah terjadi kenaikan angka payroll 288 ribu pekerja dibulan Juni, sehingga tingkat pengangguran AS turun menjadi 6.1 persen. Dengan kondisi lapangan kerja yang membaik, dan angka pengangguran yang menurun, diperkirakan The Federal Reserve bisa lebih dini menaikkan suku bunganya.

Awalnya, The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2006 pada Juni tahun depan, namun dengan kondisi angka pengangguran AS yang menurun maka diperkirakan bisa lebih dini pada bulan Maret 2015.

Bahkan dengan inflasi yang bisa dicapai sebesar 2 persen, maka The Fed bisa menaikkan suku bunga lebih tinggi dari perkiraan awal. Pihak The Fed sendiri memperkirakan pada bulan lalu bahwa suku bunga akan ditargetkan sebesar 1.13 persen pada akhir 2015 dan 2.5 persen setahun kemudian.

Meski menaikkan suku bunga, para pelaku pasar berharap Bank Sentral AS tidak buru-buru menaikkannya mengingat dampak yang ditimbulkan apabila kenaikan sangat cepat. (FC)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *