Harga Gula Akhirnya Rebound, Investor Tunggu Data Unica

Analisa Trading – Harga gula di Bursa ICE Futures US terpantau ditutup menguat pada perdagangan Rabu 2 Juli 2014. Penguatan harga gula dipicu oleh aksi beli para investor pasca penurunan tajam harga gula dalam beberapa hari terakhir.

Pelemahan harga gula dalam level signifikan pada perdaganga Selasa lalu, terpantau memicu aksi beli yang membuat harga gula dapat rebound pada perdagangan Rabu di Bursa ICE. Harga gula yang anjlok signifikan akibat indikasi pelemahan permintaan global yang tercermin dari penurunan pembelian gula oleh CSC Sugar LLC dan Louis Dreyfus Commodities hingga level terendah dalam 15 tahun, memicu harga untuk terkoreksi pada perdagangan Rabu lalu.

Walaupun berhasil ditutup rebound, perdagangan gula di Bursa ICE US dinyatakan sepi pada Rabu lalu akibat aksi tunggu sentimen dari rilis data Unica terkait data ekstraksi tebu. Aksi tunggu sentimen tersebut dilakukan meskipun estimasi akan peningkatan ekstraksi cukup kuat imbas potensi cuaca panas Brasil dianggap berpotensi memicu kerusakan lahan tebu Brasil.

Pada perdagangan Rabu 2 Juli 2014 di Bursa ICE US, harga gula ditutup menguat setelah 3 hari beruntun melemah. Harga gula di Bursa ICE US untuk kontrak Oktober 2014 naik 0,39% ke tingkat harga $17,87/ton atau menguat $0,07/ton.

Sedangkan dari Bursa LIFFE, harga gula putih terpantau juga ditutup menguat setelah 5 hari terakhir terus berada dalam trend bearish. Harga gula putih berjangka LIFFE untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,30% ke tingkat harga $467,5/ton atau menguat $1,40/ton.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga gula akan cenderung kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh cukup kuatnya indikasi terhadap pelemahan demand gula global yang disertai belum adanya sentimen positif yang dapat menguatkan harga gula. Terkait pergerakan harga gula pada perdagangan hari ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $460-$472 pada gula putih LIFFE dan $17,5-$18 pada gula ICE US. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *