Ekspansi Sektor Jasa Tiongkok Dilaporkan Meningkat Sejak Maret 2013

Analisa Trading – Aktivitas sektor jasa di Tiongkok mengalami peningkatan yang signifikan sejak Maret 2013, hal ini terlihat dari aktivitas pada bulan Juni lalu yang melonjak yang disebabkan bertambahnya bisnis baru di negeri tersebut khususnya sektor manufaktur dan layanan jasa menurut survey terbaru dari HSBC dan Markit economics.

Dari laporan kedua lembaga tersebut, indeks resmi service PMI Tiongkok pada bulan Juni naik ke level 53,1, yang lebih tinggi dari bulan Mei di level 50,7  yang mengalami kemerosotan sejak bulan sebelumnya setelah terangkat di akhir kuartal pertama lalu.

China Services PMI

Dalam laporan HSBC yang di compile Markit Economics menyebutkan jumlah pekerjaan baru berkembang pada kecepatan yang cepat  dan kuat khususnya pada penyedia layanan jasa dibulan Juni lalu, sementara itu terjadi peningkatan order pertama bagi bisnis perusahaan manufaktur  selama lima bulan.

Selain itu perusahaan sektor jasa meningkatan jumlah gaji karyawan mereka untuk 10 bulan berturut-turut   pada bulan Juni, dan perusahaan mempekerjakan staf tambahan untuk membantu memenuhi meningkatnya pesanan baru.

Analis  melihat ekspansi di sektor jasa ini juga membantu pertumbuhan di sektor manufaktur dan juga  mensinyalkan momentum ekspansi ekonomi yang cukup kuat. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *