Rupiah Bergerak Fluktuatif, Sempat Naik Signifikan

Analisa Trading – Pada perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terpantau mengalami pergerakan yang cukup volatile (2/7). Rupiah Rabu pagi sempat mengalami peningkatan yang signifikan terhadap dollar AS, akan tetapi saat ini rupiah terpantau bergerak melemah dan masuk ke dalam teritori negatif.

Secara umum sentimen terhadap mata uang lokal hari ini masih cukup baik. Kondisi dollar yang sedang berada dalam momentum melemah menjadi faktor yang mendukung penguatan mata uang rupiah pagi hari ini. Sementara itu dari dalam negeri sendiri data neraca perdagangan yang kemarin dilaporkan positif mampu memberikan sentiment yang cukup baik.

Akan tetapi kekhawatiran mengenai kemungkinan meningkatnya inflasi di bulan Juli juga memberikan sentiment negatif terhadap rupiah. Di bulan Juni lalu tingkat inflasi berada di level 0.43 persen (m/m). Inflasi lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi di bulan Mei, akan tetapi jika dibandingkan dengan inflasi bulan Juni 2013 tercatat terjadi perlambatan.

Hari ini rupiah sempat mengalami penurunan tajam ke level 11827 per dollar AS. Akan tetapi saat ini rupiah terpantau kembali melemah sebesar 21 poin dan berada pada posisi 11885 per dollar AS. Di akhir perdagangan kemarin rupiah tutup di posisi 11863 per dollar.

Analis  memperkirakan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan mengalami pergerakan yang menguat terbatas. Diperkirakan rupiah akan mengalami pergerakan pada kisaran 11800 – 11900 per dollar AS. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *