Harga Kakao Terus Tertekan Hujan di Pantai Gading

Analisa Trading – Harga kakao di Bursa ICE US pada perdagangan Selasa 1 Juli 2014 terpantau ditutup melemah. Pelemahan harga kakao dipicu oleh kondisi cuaca di Pantai Gading yang berpotensi meningkatkan produktivitas kakao negara tersebut.

Curah hujan tinggi di Pantai Gading pada pekan lalu, terpantau masih berimbas pada pelemahan harga kakao di Bursa ICE US. Harga kakao yang sebelumnya telah melonjak tinggi akibat potensi penurunan panen kakao Pantai Gading, langsung melemah dalam 2 hari perdagangan terakhir akibat adanya indikasi perbaikan tanaman kakao di negara tersebut. Curah hujan yang tinggi akhir pekan lalu, terpantau telah berdampak positif terhadap prospek pertumbuhan kakau Pantai Gading. Namun, pelemahan harga kakao tepantau tidak terlalu signifikan sebab curah hujan juga berpotensi untuk memicu penyakit pada tanaman kakao.

Pada perdagangan Selasa 1 Juli 2014 di Bursa ICE Futures US, harga kakao terpantau ditutup melemah. Harga kakao berjangka ICE US untuk kontrak September 2014 turun 0,26% ke tingkat harga $3.119/ton atau melemah $8/ton.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga kakao akan cenderung kembali melemah pada perdagangan hari ini di Bursa ICE Futures US. Hal tersebut dilandasi oleh tekanan dari curah hujan Pantai Gading yang diperkirakan masih akan cukup kuat mempengaruhi pelemahan harga kakao. Terkait pergerakan harga kakao, range normal diprediksi akan berada di kisaran $3.083-$3.145/ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *