Harga Tembaga LME Turun Tipis Imbas Aksi Tunggu Sentimen

Harga tembaga di Bursa LME pada perdagangan Senin 30 Juni 2014 terpantau ditutup melemah tipis. Pelemahan harga tembaga di Bursa LME dipicu oleh aksi tunggu sentimen oleh para investor terkait data manufaktur Tiongkok yang akan rilis.

Data manufaktur Tiongkok yang baru rilis pada Selasa waktu Tiongkok terpantau berimbas pada posisi wait and see yang berujung pada pelemahan harga tembaga di Bursa LME pada Senin lalu. Walaupun diprediksi mengalami penguatan sektor manufaktur akibat stimulus oleh pemerintah setempat, investor lebih memilih untuk menunggu rilis data untuk menghindari over estimate pada perkiraan harga tembaga dari potensi peninkgatan demang tembaga Tiongkok.

Pada Perdagangan Senin 30 Juni 2014 di Bursa LME, harga tembaga LME terpantau ditutup melemah tipis. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan turun 0,05% ke tingkat harga $6.935/ton atau melemah $3,50/ton.

Sedangkan pada perdagangan tembaga di bursa SHFE hari ini, tembaga terpantau ditutup menguat. Harga tembaga SHFE pada perdagangan hari ini terdorong menguat oleh sentimen positif dari data manufaktur Tiongkok oleh Biro Statistik Tiongkok yang rilis pada hari ini dengan kabar peningkatan sektor manufaktur Tiongkok yang naik ke level 51 dari 50,8 pada periode sebelumnya. Harga tembaga berjangka SHFE untuk kontrak September 2014 naik 1,72% ke tingkat harga 50.380 Yuan/ton atau menguat 850 Yuan/ton.

Analis  memprediksi harga tembaga akan cenderung menguat pada perdagangan hari ini di Bursa LME. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan sentimen positif dari rilis data manufaktur Tiongkok yang telah rilis. Terkait pergerakan harga tembaga pada perdagangan hari ini di Bursa LME. Range normal diperkirakan akan berada di kisaran $6.800-$7.400/ton. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *