Aset Tanah Laut Berkurang, Saham INDX Menarik Di Perdagangkan

AnalisaTrading-PT. Tanah Laut Tbk (INDX) melaporkan terjadi pengurangan aset perseroan pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan laporan keuangan tahunan 2013 yang disebabkan berkurangnya piutang usaha dan bank garansi. Selain itu INDX dalam keterbukaan infromasinya juga menjelaskan alokasi dana penawaran umum untuk melunasi utang dan tambah modal kerja.

Sebagai catatan tambahan, bisnis perseroan ini sedang focus untuk pengembangan jasa logistic dan juga merancang supply chain untuk kebutuhan logistic transportasi kelautan, terutama untuk kebutuhan solusi logistik di Sumatra untuk jangka panjang agar harga bisa lebih murah.

Jika dilihat dari kinerja keuangannya, INDX membukukan laba bersih sebesar Rp 5.8 miliar,menurun jika dibandingkan dengan laba pada kuartal 1-2013 yaitu sebesar Rp 5.9 miliar. Namun sepanjang kuartal pertama tahun ini tercatat peningkatan arus kas 100% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 22 miliar dari  Rp 11 miliar.

Kinerja yang baik dari INDX juga terlihat dari  ROA yang dimiliki meningkat sebesar 3.96%  jika dibandingkan dengan bulan kuartal yang sama pada tahun 2013 yaitu sebesar 3.71%.

Dari lantai bursa dilaporkan harga saham INDX dibuka di posisi lebih murah dibandingkan penutupan sesi sebelumnya di level 146, namun kini saham sedang bergulir ke kisaran 156 dengan volume perdagangan yang masih sedikit.

Jika mengamati pergerakan harga saham secara teknikal, INDX masih pada posisi konsolidasi dengan harga akhir yaitu sebesar Rp 156 dan nyaris menyentuh di level supportnya yaitu 150. Dan kini saham berpotensi rebound ke level resistencenya yaitu Rp 160.  Jika saham tembus di level Rp 160 maka akan berpotensi lanjut ke level Rp 169.

Saat ini Adx pada posisi dibawah 20% menandakan saham sangat melemah akan tetapi  +DI sedang siap posisi menyilang ke atas dengan –DI,jika ini terjadi,maka saham akan kembali menguat harga untuk menembus level resistence. Karenanya analis  merekomendasikan BUY yang didukung  kondisi keuangan yang bagus seperti arus kas yang meningkat. (VN)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *