Kinerja Industri Singapura Sedang Menurun, Hasil Produksinya Terburuk Dalam 11 Bulan

Analisa Trading – Produksi industri Singapura turun pada bulan Mei yang jauh dari harapan adanya pertumbuhan, yang disebabkan produksi industri di sektor-sektor biomedis dan elektronik turun seperti yang dilaporkan  Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura  hari Kamis (26/6).

Dalam laporan dewan tersebut, produksi  manufaktur turun 2,5 persen tahun-ke-tahun di bulan Mei, yang bertentangan dengan  ekspektasi ekonom untuk  kenaikan 2,4 persen dan juga indeks bulan April yang telah terkoreksi dari bulan sebelumnya.  Indeks bulan ini merupakan indeks terendah selama 11 bulan terakhir setelah bulan Juli 2013 yang turun hingga 4,7 persen.

Tidak termasuk hasil biomedis, produksi industri telah turun 0,5 persen. Penurunan terbaru ini terutama didorong oleh penurunan 9,2 persen di bidang manufaktur biomedis pada bulan Mei, yang pada gilirannya terseret oleh segmen farmasi, di mana produksi anjlok 11,6 persen.

Sedangkan jika diluar manufaktur biomedis, produksi hanya turun 0,4 persen. Selain itu dilaporkan juga output segmen elektronik turun 7,5 persen dan manufaktur umum turun 1,1 persen, namun produksi untuk sektor kimia, teknik transportasi dan rekayasa presisi cluster tumbuh dalam Mei. Pada basis bulan ke bulan, produksi industri turun   5,7 persen pada Mei, setelah penurunan 4 persen di bulan sebelumnya, direvisi dari 4,7 persen. Itu adalah penurunan bulanan kedua berturut-turut dan lebih tinggi dari perkiraan penurunan 0,6 persen. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *