Tingkatkan Pangsa Pasarnya di Asia, WIIM Ekspor ke Thailand

AnalisaTrading-PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) berniat untuk memperbesar pasar regional Asia setelah berhasil melakukan penetrasi ke Makau dan Taiwan tahun lalu. Tahun ini, rencananya Wismilak akan mencoba melakukan ekspor produk filternya ke Thailand.

Ekspansi bisnis yang dilakukan ini tidak lepas pada persaingan produk filter yang tidak terlalu ketat di dunia sehingga memiliki potensi bagi WIIM untuk mengembangkan bisnisnya ke pasar dunia karena pasar di dalam negeri sudah cukup jenuh akibat produsen rokok besar sudah memproduksi filter sendiri.

Dari dalam negeri sendiri, pangsa pasar produk filter WIIM mencapai 25% namun hanya memberikan kontribusi dibawah 10% pada total pendapatan. Sejauh  ini inti bisnis  Wismilak adalah memproduksi kretek dengan persentase sebanyak 94 persen dan sisanya adalah produksi rokok putih. Kapasitas pabrik rokok sendiri saat ini mampu memproduksi  4,6 miliar batang per tahun atau naik 20% dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangan WIIM triwulan 1 2014, terjadi penurunan laba bersih dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Laba bersih Wismilak turun dari Rp 46,5 milyar pada tahun 2013 menjadi Rp 36,6 milyar pada tahun 2014. Penurunan laba oleh WIIM ini terjadi akibat penujualan yang menurun cukup drastis dari Rp 417 milyar menjadi Rp 354 milyar.

Selain itu juga rasio-rasio lain seperti ROA dan ROE WIIM mengalami penurunan yang cukup dalam. Rasio ROA WIIM turun dari 4,45% menjadi 3,05% sementara ROE turun dari 6,62% menjadi 4,41%.

Dari bursa saham pada hari ini, saham WIIM dibuka pada Rp 585 per lembar atau sama dengan penutupan sehari sebelumnya. Sementara itu,sampai dengan saat ini saham WIIM telah diperdagangkan sebanyak 90,7 ribu lembar dan terus bertambah hingga jeda sesi 1.

Dan jika dilihat secara teknikal saham ini masih berada di area jenuh jualnya dan dilihat indikator MA sedang meluncur turun ke bawah garis bolinger dengan kisaran harga dalam sepekan dengan level support di 585 – 588 dan juga level resistance di 588 – 600. Dan analis Vibiz Research memprediksi WIIM masih akan bergerak negatif (VN)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *