Keadaan Ketenagakerjaan Di Indonesia Dilaporkan Membaik

Analisa Trading – Badan Pusat Statitik melaporkan pada publikasi bulan Juni bahwa keadaan ketenagakerjaan di Indonesia pada Februari 2014 menunjukkan adanya perbaikan yang digambarkan dengan peningkatan jumlah angkatan kerja maupun jumlah penduduk bekerja dan penurunan tingkat pengangguran.

 

BPS melaporkan bahwa jumlah angkatan kerja pada Februari 2014 bertambah sebanyak 5,2 juta orang dibanding keadaan Agustus 2013 dan bertambah sebanyak 1,7 juta orang dibanding keadaan Februari 2013.
Penduduk yang bekerja pada Februari 2014 bertambah sebanyak 5,4 juta orang dibanding keadaan Agustus 2013, atau bertambah sebanyak 1,7 juta orang dibanding keadaan setahun yang lalu (Februari 2013).

 

Sementara jumlah penganggur pada Februari 2014 mengalami sedikit penurunan, yaitu sebanyak 260 ribu orang jika dibanding keadaan Agustus 2013, dan berkurang sebanyak 50 ribu orang jika dibanding keadaan Februari 2013.

 

Analis  mengemukakan bahwa indeks komposit (Jakarta Stock Exchange Composite Index, JCI) untuk periode 3 bulan terakhir menunjukkan kenaikan sekitar 3.32 % dalam 3 bulan terakhir.

 

Indeks LQ45 yang merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan, juga menunjukkan sinyal yang positif. Indeks LQ45 mengalami kenaikan sekitar 3.94% dalam 3 bulan terakhir.

 

Sementara itu Jakarta Islamic Index (JII) yang merupakan indeks yang menggunakan 30 saham yang dipilih dari saham-saham yang masuk dalam kriteria syariah (Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh Bapepam-LK) dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar dan likuiditas, menunjukkan kenaikan sekitar 2.9% dalam 3 bulan terakhir. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *