Melemah Dalam 3 Sesi , Nikel Tetap Positif Dalam Sepekan

Analisa Trading – Harga nikel di Bursa LME pada perdagangan pekan lalu terpantau mengalami penguatan secara agregat sepekan. Penguatan harga nikel pada perdagangan pekan lalu dipicu oleh kenaikan signifikan harga nikel akibat kembali memanasnya konflik Rusia-Ukraina.

Pergerakan harga nikel pada pekan lalu, berhasil ditutup menguat secara agregat sepekan meskipun 3 dari 5 sesi perdagangan diwarnai oleh pelemahan pada nikel LME. Pada pekan lalu, baik pergerakan menguat maupun melemah, didasari oleh potensi serta realisasi kondisi persediaan nikel global serta gudang LME.

Pada awal pekan, harga nikel terdorong untuk naik tajam akibat adanya potensi gangguan supply nikel dari Rusia. Konflik antara Rusia dan Ukraina yang kembali memanas, menjadi pemicu kembalinya kekhawatiran akan sanksi terhadap Rusia. Kembali memanasnya konflik Ukraina-Rusia pada pekan lalu pasca tewasnya beberapa tentara Ukraina akibat penembakan helikopter oleh kelompok Pro-Rusia. Akibat peristiwa tersebut, nikel terpantau berhasil menguat pada dua hari perdagangan awal pekan hingga kembali menembus level $19.000/ton.

Namun, harga nikel LME langsung anjlok pada pertengahan pekan lalu akibat data persediaan nikel LME. Persediaan gudang nikel LME yang pada pertengahan pekan naik hingga 6,7% ke level 305.970 ton langsung memicu harga nikel untuk terjun bebas di Bursa LME. Persediaan yang melonjak tajam tersebut, terpantau merupakan rekor persediaan tertinggi LME sepanjang masa dan menjadi indikasi, nikel olahan masih berada dalam kondisi supply yang relatif baik karena Indonesia hanya melakukan pelarangan ekspor pada biji nikel mentah.

Pada perdagangan pekan lalu di Bursa LME, harga nikel terpantau ditutup dengan penguatan secara agregat sepekan. Harga nikel LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan naik 2,10% ke tingkat harga $18.480/ton atau menguat $380/ton.

Analis  memprediksi harga nikel akan cenderung melemah pada perdagangan pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh masih tingginya persediaan nikel di gudang LME yang berada di kisaran 300.000 ton. Terkait pergerakan harga nikel LME pada pekan ini, diprediksi nikel akan bergerak di kisaran $17.800-$19.200. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *