India dan Brasil Maniskan Gula ICE US

Analisa Trading – Harga gula di Bursa ICE pada perdagangan pekan lalu terpantau mengalami penguatan signifikan secara agregat sepekan. Penguatan harga gula di Bursa ICE US pada perdagangan pekan lalu dipicu oleh kondisi terkait persediaan tebu untuk produksi gula kedua negara selaku negara-negara penghasil gula global.

Kondisi cuaca India serta kekeringan Brazil menjadi determinan kuat yang berhasil memicu harga gula naik signifikan di Bursa ICE US. Terancamnya produksi gula di India akibat akan hadirnya kekeringan akibat siklus El Nino serta prediksi pengurangan output tebu Brazil akibat kekeringan sejak awal tahun menjadi potensi penguat harga gula. Terpantau kedua fundamental yang cenderung meningkatkan kekhawatiran pengurangan sisi supply tersebut bahkan berhasil menepis posisi over supply gula global akibat lonjakan produksi Thailand selaku eksportir gula terbesar kedua di dunia.

Selain faktor dari kondisi cuaca di India dan Brazil, harga gula juga terangkat oleh potensi pengurangan proporsi tebu untuk produksi gula di Brazil. Wacana kebijakan pemerintah Brazil untuk meningkatkan produksi bahan bakar campuran bensin dan ethanol, dapat berimbas pada penambahan jumlah tebu untuk produksi ethanol dan mengurangi ketersediaan untuk produksi gula.

Berdasarkan posisi dari potensi pergerakan demand, harga gula juga cukup terdorong oleh semakin mendekatnya bulan Ramadhan. Kecenderungan adanya peningkatan konsumsi gula di saat masa puasa di bulan Ramadhan, berpotesni kuat untuk meningkatkan permintaan gula di beberapa negara dengan penduduk mayoritas Muslim.

Pada perdagangan pekan laludi Bursa ICE US, harga gula mengalami penguatan secara agregat sepekan. Harga gula berjangka ICE US untuk kontrak Oktober 2014 naik hingga 5,04% ke tingkat harga $18,75/ton atau menguat $0,90/ton.

Analis  memprediksi harga gula berpotensi untuk melanjutkan penguatan pada pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif kuat dari kekhawatiran akan penurunan supply gula dari Brazil dan India. Terkait pergerakan harga gula di Bursa ICE US pada pekan ini, gula diprediksi akan bergerak di kisaran $17,40-$19,40. (FC)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *