Pre Opening: IHSG Diperkirakan Mixed, Cenderung Melemah Terbatas

AnalisaTrading-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diperkirakan bergerak cenderung melemah. IHSG bergerak pada kisaran level 4840 – 4900. Sejumlah saham yang dapat direkomendasikan, antara lain: PTBA, PGAS, UNVR, BBCA, SILO, AKRA, dan ROTI.  Indeks memasuki fase konsolidasi dan bergerak mixed tertahan di EMA 50 hari. Koreksi sudah semakin terbatas. Indicator stochastic berpotensi membentuk golden cross.

Dari dalam negeri, transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) relatif menurun, seiring gelaran Piala Dunia 2014, dan pemilihan presiden yang semakin dekat. Di sisi lain, nilai tukar rupiah berbalik menguat, setelah mengalami tekanan dalam seminggu terakhir.

Tercatat IHSG pada perdagangan Kamis 19 Juni 2014 ditutup melemah 0,48% pada level 4864. Semua sektor melemah dengan kontribusi pelemahan terbesar pada sektor pertambangan dan konstruksi. Investor asing melakukan net sell Rp 206,8 miliar. Indeks di bursa Wall Street ditutup menguat seiring dengan berlanjutnya optimisme akan perekonomian AS setelah pertemuan dan komentar The Fed sehari sebelumnya.

Selain itu, pernyataan The Fed yang akan mempertahankan suku bunga rendah dalam jangka waktu lama menjadi faktor positif bagi bursa saham. Saham energi mengalami kenaikan terbesar seiring dengan kenaikan harga minyak mentah, setelah diberitakan Presiden Obama mengirimkan 300 penasihat militer AS ke Irak sebagai bantuan kepada pemerintah Irak dalam mengatasi pemberontak di negara tersebut.

Sementara data indeks leading indicators bulan Mei mengalami kenaikan 0,5%, yang merupakan kenaikan selama empat bulan berturut-turut. Indeks Philadelphia’s Fed naik pada level 17,8 di bulan Juni dari level 15,4 bulan Mei, dan lebi h baik dari estimasi yang berada pada level 14. Data initial claims pekan lalu menunjukkan jumlah pengangguran yang mengajukan klaim mengalami penurunan menjadi 312 ribu, lebih rendah dari estimasi 314 ribu. (FR)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *