Harga Logam Mulia Terpantau Turun, Namun Emas Berjangka Bertahan Diperdagangkan di Atas $1.300

Analisa Trading – Perdagangan bursa komoditi logam mulia di hari Jumat(20/6), harga emas dan perak terpantau diperdagangkan lebih rendah ketika melemahnya kebijakan moneter global serta ketegangan di wilayah Timur Tengah telah mendukung aksi safe haven di kalangan para pelaku pasar.

Selama berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangka pengiriman Agustus telah diperdagangkan lebih rendah 0.33% di level $1.309.70 per troy ounce pada divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Juli telah diperdagangkan lebih rendah 0.05% di level $20.638 per troy ounce.

Peningkatan permintaan safe haven untuk logam mulia telah terjadi di kalangan para pelaku pasar, semenjak harga emas mengalami rally yang cukup panjang dengan kembali diperdagangkan  di atas level $1.300 per troy ounce. Rally emas berjangka berawal ketika hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve AS menyatakan bahwa suku bunga tetap berada di level 0.25%. Namun pada laju program stimulus The Fed, Bank Sentral AS telah kembali memangkas hasil program pembelian obligasi mereka sebesar $10 milyar, menjadi $35 milyar per bulannya, yang mana sebelumnya untuk laju program stimulus oleh The Fed adalah sebesar $45 milyar.

Pada sesi perdagangan hari Kamis kemarin, hasil data ekonomi AS juga terlihat memberikan dukungannya untuk memperkokoh kenaikan harga emas dan perak, yang mana sebuah laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS memperlihatkan bahwa warga Amerika yang mengajukan klaim pengangguran di wilayah AS telah turun sebanyak 6.000 menjadi 312.000 pada pekan yang berakhir 14 Juni.

Sementara itu, laporan terpisah lainnya yang turut memberikan dukungan harga emas menguat telah datang dari sebuah laporan Bank Sentral Philadelphia yang melaporkan bahwa indeks manufaktur telah naik pada penyesuaian musiman sebesar 17.8 di bulan Juni, dari 15.4 di bulan Mei, dan dilanjutkan dengan data yang dirilis oleh Conference Board yang menyatakan bahwa index ekonomi untuk wilayah AS  telah mengalami kenaikan sebesar 0.5% di bulan Mei yang disesuaikan secara musiman, menjadi 101.7 di bulan Mei. (FC)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *