Berpotensi Terkena Limpahan Qingdao, Tembaga LME Akhiri Rally

Analisa Trading – Harga tembaga di Bursa LME pada perdagangan Kamis 19 Juni 2014 ditutup melemah setelah sebelumnya terus menguat dalam tiga hari perdagangan terakhir. Penguatan harga tembaga di Bursa LME dipicu oleh potensi dialihkannya pengiriman tembaga ke pelabuhan Qingdao yang masih ditutup ke gudang LME.

Potensi adanya limpahan tembaga yang tidak masuk ke pelabuhan Qingdao untuk berlabuh ke gudang LME berdampak pada melemahnya tembaga di Bursa LME. Status kondisi persediaan tembaga di LME yang terus menurun sepanjang Juni, dianggap menjadi lokasi potensial untuk substitusi pengiriman ke pelabuhan Qingdao. Dampak dari adanya potensi tersebut, kekhawatiran akan meningkatnya supply tembaga di LME membuat harga di bursa terdorong untuk melemah.

Walaupun mendapat sentimen negatif dari potensi peralihan pengiriman tembaga, pelemahan tembaga tertahan oleh sentimen positif dari kebijakan The Fed. Kebijakan The Fed dengan melanjutkan tingkat suku bunga di level 0,25% memicu anjloknya nilai Dollar AS yang membuat harga tembaga LME yang diperdagangkan dalam Dollar AS menjadi relatif lebih murah untuk pembeli dengan mata uang selain Dollar AS.

Pada perdagangan Kamis 19 Juni 2014 di Bursa LME, harga tembaga LME ditutup melemah mengakhiri trend rally sebelumnya. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan turun 0,18% ke tingkat harga $6.637/ton atau melemah $12/ton.

Sedangkan pada Bursa SHFE, harga tembaga justru menguat signifikan pada perdagangan hari ini. Harga tembaga SHFE berjangka untuk kontrak September 2014 naik hingga 1,51% ke tingkat harga 48.420 Yuan/ton atau menguat 720 Yuan/ton.

Analis  memprediksi harga tembaga akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini di Bursa LME. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen negatif dari potensi peralihan pengiriman tembaga ke Bursa LME. Terkait pergerakan harga tembaga LME, tembaga diprediksi akan bergerak di kisaran $6.500-$6.750. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *