Tembaga LME Lanjut Rally Hari Ke-3

Analisa Trading – Harga tembaga di Bursa LME pada perdagangan Rabu 18 Juni 2014 terpantau ditutup kembali menguat untuk hari ke-3 secara beruntun. Penguatan harga tembaga di Bursa LME masih didukung oleh sentiment positif dari perekonomian Tiongkok.

Perekonomian Tiongkok masih terus mempengaruhi pergerakan harga tembaga di Bursa LME di zona hijau. Pernyataan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang yang menyatakan optimisme akan tercapainya target pertumbuhan sebesar 7,5% masih cukup kuat untuk menggerakan harga tembaga mendekati level $6.800/ton.

Selain factor dari dorongan pernyataan Perdana Menteri Tiongkok, tembaga juga mendapat sentiment positif dari data sector property Tiongkok. Data rerata harga rumah baru Tiongkok terpantau mengalami pelemahan pada Mei lalu dengan berada pada level 5,6% atau lebih rendah 1,1% dibandingkan pada bulan April. Pelemahan pada data tersebut, memberikan indikasi

Pada perdagangan Rabu 18 Juni 2014 di Bursa LME, harga tembaga ditutup menguat. Harga tembaga LME untuk pengiriman 3 bulan kedepan naik 0,52% ke level $6.737/ton atau menguat $35/ton.

Sedangkan dari Bursa SHFE, harga tembaga terpantau masih melanjutkan trend melemah akibat kasus Qingdao. Harga tembaga SHFE berjangka untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,23% ke tingkat harga 48.060 Yuan/ton atau melemah 110 Yuan/ton.

Analis  memprediksi harga tembaga LME masih akan cenderung menguat tipis pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh adanya sentiment positif yang masih cukup kuat dari perekonomian Tiongkok. Terkait pergerakan harga tembaga LME pada perdagangan hari ini, tembaga diprediksi bergerak pada kisaran $6.700-$6.825. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *