PT Astra Graphia Tambah Modal PT Astragraphia Xprins 19,875 Miliar Rupiah

AnalisaTrading-PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) menyuntik modal tambahan ke anak usaha, PT Astragraphia Xprins Indonesia sebesar Rp19,875 miliar.

Penyetoran modal tambahan yang dilakukan itu terbagi dua cara. Pertama, sebesar Rp5,77 miliar berupa penyertaan (inbreng) aset Xprins milik perseroan, antara lain peralatan digital printing dan alat kantor. Kedua, sebesar Rp14,11 miliar dalam bentuk setoran uang tunai.

Dengan begitu, modal dasar dari semula Rp500 juta menjadi Rp80 miliar serta modal ditempatkan dan disetor dari Rp125 juta menjadi Rp20 miliar.

Penyetoran modal tambahan itu bukan transaksi material dan tidak mengandung unsur benturan kepentingan dilihat dari sisi anggota direksi, dewan komisaris, dan pemegang saham utama perseroan.

Corporate Secretary Astra Graphia, dalam keterbukaan informasi, menuliskan setoran modal tambahan itu merupakan transaksi afiliasi, disebabkan penyetoran modal dilakukan ASGR ke anak usaha yang 99% sahamnya dimiliki perseroan.

Dengan penyetoran tambahan modal tersebut, Xprins akan menerbitkan keseluruhan saham-saham baru sebanyak 19.875 saham yang seluruhnya akan diambil bagian oleh perseroan. Lewat cara tersebut, kepemilikan saham perseroan dalam Xprins akan meningkat menjadi 99,995% dari 99,2%.

Astragraphia Xprins Indonesia merupakan perusahaan bidang perdagangan umum, percetakan, dan penyelenggaraan pos, berdiri pada 14 Februari 2014. Anak usaha anyar itu dibentuk untuk memperluas divisi Xprins dan Layan Gerak Operation. (FR)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *