Poundsterling Retreat dari Level Tertinggi Sejak Agustus 2009

AnalisaTrading-Pada perdagangan hari ini mata uang poundsterling Inggris terpantau mengalami pergerakan yang melemah (17/6). Poundsterling terkoreksi setelah pada perdagangan kemarin menguat hingga mencapai posisi paling tinggi sejak bulan Agustus 2009 yang lalu terhadap dollar AS. Aksi ambil untung dilakukan oleh sebagian para pelaku pasar.

Trend bullish poundsterling tampaknya masih akan bertahan meskipun hari ini mata uang tersebut terseret melemah oleh koreksi teknikal. Poundsterling kemarin melejit ke posisi paling tinggi dalam nyari 5 tahun belakangan setelah Deputi Gubernur Charlie Bean mengonfirmasi pernyataan Gubernur BOE Mark Carney mengenai kemungkinan segera dinaikkannya suku bunga acuan di negara tersebut.

Poundsterling telah mengalami rally sebesar 8.8 persen selama satu tahun belakangan dan menjadi mata uang paling besar kenaikannya di antara 10 mata uang negara maju. Kondisi ini terjadi karena ekonomi di Inggris menunjukkan kondisi yang membaik, jauh meninggalkan progress pemulihan yang dialami oleh kawasan euro.

Hari ini poundsterling berada pada posisi 1.6966 dollar AS. Mata uang poundsterling tersebut mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.6982 dollar. Poundsterling kemarin bahkan sempat melejit hingga ke level 1.7011 dollar, tertinggi sejak 6 Agustus 2009.

Diperkirakan bahwa pergerakan mata uang poundsterling terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung melemah. Untuk perdagangan hari Selasa ini mata uang dari Inggris tersebut diproyeksi akan mengalami pergerakan melemah akibat aksi ambil untung pada kisaran 1.6930 – 1.7030 dollar AS.(VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *