Naik Signifikan di Akhir Pekan, Gula Kembali Manis Pekan Lalu

Analisa Trading – Harga gula di Bursa ICE Futures US pada perdagangan pekan lalu terpantau ditutup dengan mengalami penguatan secara agregat sepekan. Penguatan harga gula di Bursa ICE dipicu oleh kenaikan signifikan harga gula pada akhir pekan akibat laporan terkait pengiriman gula dari Brazil.

Pergerakan gula yang sebetulnya lebih didominasi oleh trend melemah pada pekan lalu terpantau tetap berujung manis. Harga gula yang sempat anjlok hingga menjauhi level $17/ton mendekati dasar level $16 berhasil bangkit pada perdagangan akhir pekan.

Pelemahan harga gula pada perdagangan pekan lalu, didorong oleh sentimen negatif kuat dari perkembangan dua negara eksportir gula terbesar dunia. Terpantau dari Brazil, UNICA menyatakan bahwa terjadi peningkatan output hingga 120.000 ton ke level 2,03 juta pada pertengahan akhir Mei. Sedangkan dari India, setelah sempat diturunkan untuk menghindari teguran WTO, pemerintah India kembali menaikan level subsidi gula ke level 3.300 Rupee/ton dari sebelumnya 2.277 Rupee/ton. Imbas dari kedua data fundamental tersebut, gula bergerak hampir terus melemah sepanjang pekan lalu.

Namun, jelang akhir pekan faktor fundamental dari pelabuhan Brazil berhasil memicu rebound signifikan pada harga gula di Bursa ICE. Antrian kapal untuk mengangkut ekspor gula Brazil yang terpantau naik hingga 50% di pelabuhan, menjadi indikasi akan adanya gangguan pengiriman gula asal Brazil selaku produsen gula nomor 1 dunia. Dampak dari adanya informasi tersebut, gula di Bursa ICE rebound hingga 2,04% pada perdagangan hari Jumat lalu.

Pada perdagangan di Bursa ICE Futures US pekan lalu, harga gula ditutup dengan mengalami penguatan secara agregat sepekan. Harga gula berjangka ICE US untuk kontrak Juli 2014 naik 0,70% ke tingkat harga $17,04/ton atau menguat $0,12/ton.

Analis memprediksi harga gula akan cenderung bergerak kembali melemah pada pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi persediaan gula global yang masih akan menjadi momok terhadap pergerakan menguat harga gula. Terkait pergerakan harga di Bursa ICE, range normal gula diprediksi akan berada di kisaran $16-$18/ton. (VN)

gula

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *