Data dan Event Penting Asia Pekan Ini

Analisa Trading – Data ekonomi dari China dan pernyataan bank-bank sentral di Asia akan menjadi fokus para investor untuk menentukan posisi pada perdagangan di kawasan Asia-Pasifik minggu ini (16/6).

Hari Selasa mendatang akan dirilis data catatan rapat bank sentral Australia. Para pelaku pasar akan menantikan mengenai kemungkinan arahan selanjutnya kebijakan moneter di negara tersebut. Investor juga akan menunggu komentar dari bank sentral mengenai kondisi ekonomi di negara tersebut saat ini.

Hari Selasa juga akan dirilis data FDI Tiongkok pada bulan Mei lalu. Pada bulan April sebelumnya FDI meningkat sebesar 3.4 persen (y/y) setelah di bulan Maret mengalami penurunan. Untuk bulan Mei lalu diperkirakan investasi mengalami penurunan karena mendinginnya harga property dan kenaikan tingkat hunian meningkatkan kekhawatiran mengenai pecahnya gelembung property di negara tersebut.

Di Tiongkok sendiri mendinginnya sektor property telah menjadi fokus tersendiri dan muncul pada rilis data hari Jumat lalu yang menunjukkan bahwa investasi di sektor real estate mengalami penurunan tajam di bulan Mei. Akan tetapi para investor masih cukup yakin dengan kebijakan “mini stimulus” yang dikeluarkan oleh pemerintah akan dapat meningkatkan lagi pengeluaran pada proyek-proyek infrastruktur.

Hari Jumat akan dirilis data paling penting dari Tiongkok, HSBC Flash Manufacturing PMI bulan Juni. Di bulan Mei PMI final berada di level 49.4 poin, lebih rendah dari angka data preliminary tetapi naik dibandingkan PMI final bulan April.

Dari Jepang data yang cukup penting akan diumumkan pada hari Rabu. Neraca perdagangan bulan Mei Jepang diperkirakan akan menunjukkan defisit sebesar 1.22 triliun yen (belum disesuaikan) atau sebesar 1.07 triliun yen (sudah disesuaikan). Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan defisit pada bulan April yang hanya sebesar 0.8 triliun yen. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *