Output Brazil Naik, Gula Bergerak Melemah

Analisa Trading – Harga gula pada perdagangan Selasa 10 Mei 2014 di Bursa ICE US terpantau ditutup melemah pada dini hari tadi. Pelemahan harga gula di Bursa ICE US dipicu oleh data output gula Brazil oleh UNICA.

Rilis data output gula Brazil oleh UNICA terpantau menjadi faktor determinan terkuat yang mempengaruhi pergerakan harga gula di Bursa ICE US. Data output gula Brazil yang terpantau meningkat pada pertengahan kedua Bulan Mei, berpengaruh pada pelemahan harga gula di Bursa ICE.

Terpantau pada pertengahan Mei lalu, UNICA menunjukan bahwa produksi gula Brazil naik 120.000 ton ke level 2,03 juta ton pada pertengahan kedua bulan Mei. Sedangkan pengolahan tebu pada akhir Mei juga naik ke level 37,98 juta pada pertengahan akhir Mei setelah sebelumnya hanya pada level 35,5 juta ton.

Walaupun mengalami peningkatan, pengolahan tebu di Brazil berada pada level dibawah ekspektasi. Imbas dari kondisi tersebut, pelemahan harga gula di Bursa ICE terpantau tergolong tipis.

Pada perdagangan Selasa 10 Mei 2014, harga gula ditutup melemah tipis. Harga gula berjangka ICE US untuk kontrak Juli 2014 turun 0,06% ke tingkat harga $16,97 atau hanya melemah $0,01.

Analis  memprediksi harga gula masih akan cenderung bergerak lemah pada perdagangan hari ini di Bursa ICE US. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi persediaan global yang masih over supply meskipun pengolahan tebu berada di bawah level ekspektasi. Terkait pergerakan harga, gula ICE diprediksi akan bergerak di kisaran $16,5-$17,25. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *