BUMI Gagal Bayar Obligasi Valas, Saham Disuspensi

AnalisaTrading-Saham PT Bumi Resource Tbk (BUMI) untuk sementara waktu tidak diperdagangkan, suspensi ini terkait dengan gagalnya BUMI untuk melakukan pembayaran kupon obligasi  yang diterbitkan oleh Bumi Capital Pte Ltd dimana BUMI berperan sebagai penjamin. BEI sebagai otoritas yang mengatur perdagangan saham memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan saham BUMI di seluruh pasar sejak hari Rabu 11 Juni 2014 mulai sesi 1.

Bumi gagal membayar kupon obligasi valas yang telah jatuh tempo pada tanggal 12 Mei 2014. Nilai obligasi yang ditebitkan itu bernilai USD 300juta dan akan jatuh tempo tanggal 10 November 2016. Terkait dengan suspensi saham BUMI, Bank of New York akan meminta pemegang obligasi untuk memutuskan secara voting terkait masalah default itu. Jika mayoritas pemegang saham menyetujui, maka BUMI wajib membayar obligasi tersebut dengan bunga 12%.

Jika dilihat dari kondisi keuangan BUMI, kinerja perusahaan dapat dikatakan buruk. Dalam satu tahun terakhir pendapatan BUMI menurun dari USD 3,78 miliar menjadi USD 3,55 miliar. Meskipun demikian perusahaan dpat memperkecil kerugian bersih dari USD 705 miliar menjadi USD 660.

Melihat dari lantai bursa, di hari terakhir saham Bumi diperdagangkan, saham BUMI ditutup pada Rp 194 per lembar dengan volume perdagangan sebanyak 24,5 juta lembar saham. Dilihat dari pergerakan saham BUMI, terdapat trend yang menurun dari tahun lalu. Terhitung dari tahun lalu, saham BUMI mengalami penurunan sebesar 64,5% padahal di tahun 2011 saham BUMI pernah menyentuh level Rp 3000 per lembar. (VN)

Related Post

Saham-saham Pilihan Hari Ini

Saham-saham Pilihan Hari Ini

AnalisaTrading – Kepala Riset Woori Korindo Securities Reza Priyambada memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini Indeks Harga Saham…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *