Tembaga SHFE Kembali Ditutup di Zona Merah

Analisa Trading – Harga tembaga di Bursa Shanghai Futures Exchange pada perdagangan hari Selasa (10/6) kembali ditutup melemah. Pelemahan pada harga tembaga di SHFE masih dipicu oleh fundamental negatif dari pengurangan ekspor tembaga Tiongkok.

Penutupan sementara pelabuhan Qingdao untuk penyidikan terpantau kembali kurang mempengaruhi pergerakan harga tembaga di Bursa SHFE. Potensi terhambatnya persediaan tembaga di Bursa dari tutupnya pelabuhan, dinilai tidak sekuat faktor sentimen dari data ekspor tembaga Tiongkok.

Indikasi penurunan permintaan dari anjloknya permintaan tembaga Tiongkok hingga 15,6% pada Mei bila dibandingkan periode April, dianggap akan lebih mempengaruhi pergerakan harga di pasar. Hal tersebut dikarenakan penutupan atas penyidikan diperkirakan hanya akan berlangsung beberapa saat, sedangkan demand tembaga di Tiongkok terpantau lesu.

Pada perdagangan hari ini di Bursa SHFE, harga tembaga ditutup kembali melemah. Harga tembaga berjangka SHFE untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,42% ke tingkat harga 47.480 Yuan/ton atau melemah 200 Yuan/ton.

Analis  memprediksi harga tembaga di Bursa LME yang akan kembali buka pada hari Selasa (10/6) akan cenderung bergerak melemah. Hal tersebut disebabkan oleh sentimen negatif dari pemberhentian pelabuhan Qingdao bagi Bursa LME yang juga diperburuk oleh indikasi pelemahan permintaan oleh Tiongkok. Terkait pergerakan harga tembaga pada perdagangan hari ini di Bursa LME, tembaga diprediksi bergerak di kisaran $6.300-$6.800. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *