Bursa Tiongkok Naik Tipis Didukung Kebijakan Penurunan Rasio GWM

AnalisaTrading-Menyusul keluarnya data inflasi konsumen dan produsen Tiongkok, bursa saham di negara tersebut bergerak nyaris flat (10/6). Indeks komposit Shanghai tidak banyak berubah dibandingkan dengan penutupan perdagangan hari Senin kemarin sementara yuan melanjutkan kenaikannya terhadap dollar AS setelah bank sentral Tiongkok menetapkan kisaran nilai tukar yuan di level paling tinggi dalam dua bulan belakangan.

Saham-saham keuangan menjadi fokus perdagangan hari ini setelah PBOC mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan besaran GWM perbankan di pedesaan pada hari Senin kemarin. Langkah ini menyusul kebijakan untuk menurunkan GWM pada bulan April lalu. Langkah untuk menurunkan besaran GWM ini dikabarkan akan meningkatkan pendanaan sebesar 50 hingga 95 miliar yuan ke ekonomi.

Saham-saham di sektor perbankan terangkat menguat. Shanghai Pudong mengalami peningkatan sebesar 0.4 persen dan ICBC menguat sebesar 0.3 persen.

Hari ini indeks benchmark di bursa saham Tiongkok tampak mengalami peningkata meskipun sedikit saja. Indeks komposit Shanghai terpantau menguat sebesar 4.23 poin atau 0.21 persen dan berada di level 2034.73 poin.

Diperkirakan bakal terjadi pergerakan yang terbatas dan terlihat potensi indeks untuk melemah di bursa saham Tiongkok. Indeks benchmark komposit Shanghai diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 2010 – 2050 poin.(VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *