Rupiah Diperkirakan Bergerak di Kisaran Rp 11.835 -11.804-per USD

AnalisaTrading-Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini diperkirakan akan menguat tipis.  Rupiah diperkirakan bergerak di level Rp 11.835 -11.804-per USD menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI).  Kurs rupiah masih di bawah level support Rp 11.817 per USD.

Pergerakan rupiah menguat jelang pengumuman BI rate oleh Bank Indonesia (BI).  Faktor penguatan pergerakan rupiah lebih cenderung  menguat karena BI akan mengumumkan tentang BI Rate atau suku bunga acuan dalam waktu dekat.

Meski sempat terimbas pelemahan Euro namun, rilis data-data Jepang yang melemah membuat nilai tukar yen melonjak dan melewati dolar AS, sehingga laju rupiah pun mengambil kesempatan dengan situasi tersebut untuk bergerak menguat.   Menguatnya yuan seiring ekspektasi people bank of China (PBOC) akan memperbaiki nilai tukarnya terhadap dolar AS, untuk tidak terlalu melemah dalam turut memberikan sentimen positif bagi rupiah.

Pada perdagangan akhir pekan kemarin, rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) berakhir di posisi Rp 11.837 per USD. Posisi ini menguat 22 poin dibandingkan dengan pembukaan sebelumnya Rp 11.860 per USD.  Posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada hari ini berada di level Rp 11.823 per USD. Posisi ini menguat 51 poin dibanding penutupan Kamis (5/6)  di level Rp 11.874 per USD. (FR)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *