Rupiah Bergerak Menguat oleh Dorongan Data Positif Pekan Lalu

Analisa Trading – Pada perdagangan hari ini mata uang rupiah terpantau mengalami peningkatan yang cukup signifikan (9/6). Rupiah menguat terhadap dollar AS di tengah rilis data cadangan devisa dalam negeri yang cukup mengesankan.

Akhir pekan lalu pergerakan menguat rupiah mulai terjadi. Dilaporkan bahwa cadangan devisa Indonesia meningkat sekitar dua miliar dolar menjadi 107,05 miliar dolar AS per Mei 2014. Kondisi ini memberikan dampak yang cukup baik bagi pergerakan rupiah yang sempat terseret melemah di awal pekan lalu.

Dari eksternal sentimennya juga cukup menopang mata uang domestik, bank sentral Eropa (ECB) yang menurunkan suku bunganya ternyata memberi dampak positif bagi sentiment bursa saham global, termasuk pasar modal dalam negeri. Kondisi ini membuat para pelaku pasar kembali mencari aset dalam rupiah.

Mata uang rupiah tampak mengalami peningkatan sebesar 45 poin pada perdagangan hari ini. Rupiah perada di level 11835 per dollar AS pagi ini.

Pada perdagangan hari ini analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bakal terjadi pergerakan yang cenderung menguat terbatas untuk mata uang rupiah hari ini. Untuk hari ini mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 11780 – 11880 per dollar AS. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *