Harga Minyak WTI di Pasar Asia Masih Bergerak Ragu Tunggu Data Sektor Tenaga Kerja AS

Analisa Trading – Pergerakan harga minyak mentah pada sesi perdagangan elektronik di Asia hari ini masih cenderung sideways (6/6). Harga minyak bergerak di kisaran positif dan negatif jelang rilis data NFP dan tingkat pengangguran di Amerika Serikat malam nanti. Data ini akan menjadi indikator kekuatan ekonomi riil di negara tersebut. Harga minyak Brent di London juga tampak masih bergerak terbatas.

Harga minyak mentah berjangka hanya mengalami perubahan tipis di Nymex. Minyak WTI tersebut diperkirakan akan mengalami penurunan mingguan untuk dua kali berturut-turut. Untuk hari ini pasar akan menantikan rilis data NFP bulan Mei yang diperkirakan akan menunjukkan peningkatan sebesar 214 ribu. Sedangkan tingkat pengangguran di bulan Mei diperkirakan berada di level 6.4 persen.

OPEC diperkirakan akan memotong ekspornya di tengah turunnya permintaan di Asia. Untuk hari ini harga minyak mentah WTI untuk kontrak penyerahan bulan Juli terpantau mengalami pergerakan yang menguat tipis saja. Harga naik 6 sen dan saat ini berada di level 102.54 dollar per barel. Sepanjang minggu ini harga telah mengalami penurunan sebesar 0.3 persen.

Harga minyak mentah Brent untuk kontrak pengiriman bulan Juli juga tampak naik tipis. Harga minyak tersebut menguat sebesar 11 sen menjadi 108.90 dollar per barel. Premium harga Brent terhadap WTI menyusut menjadi 6.45 dollar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan pergerakan yang menguat terbatas. Harga komoditas  ini akan mengalami pergerakan pada kisaran 102.20 – 102.80 dollar AS. (VN)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *